Rizal Khoirul Huda
Rizal Khoirul Huda
Ilustrasi wanita tersenyum (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang mendambakan untuk menjalani tiap hari dengan kegiatan yang produktif serta terorganisasi. Salah satu caranya yaitu dengan membuat jadwal harian. Jadwal bisa kita buat dengan menggunakan kalender biasa maupun yang berupa aplikasi di smartphone. Terdapat juga banyak aplikasi yang membantu kita mengorganisasikan kegiatan harian.

Namun terkadang dalam menjalani kegiatan harian seringkali menemui kendala seperti adanya gangguan serta tiba-tiba muncul kegiatan mendadak. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya 5 tips di bawah ini kamu terapkan.

1. Sisihkan waktu untuk merancang jadwal

Untuk membuat jadwal kegiatan yang maksimal, langkah pertama adalah berpikir mengenai aktivitas apa yang hendak dikerjakan. Kamu dapat memulainya dengan cara menyisihkan sebagian waktu untuk membuat jadwal kegiatan. Misalkan kamu merancang jadwal pada malam hari untuk aktivitas pada hari berikutnya.

Melalui cara ini kamu dapat lebih terencana dalam memulai aktivitas pada keesokan harinya. Hal ini karena semua kegiatan sudah tersusun dalam jadwal. Kamu juga dapat me-review kegiatan seperti rapat dan pertemuan untuk menentukan kegiatan apa yang perlu menjadi prioritas dan menaruhnya dalam jadwal harianmu.

2. Bangun tidur lebih awal

Jika kamu ingin agar jadwal kegiatan harian tetap berjalan, maka langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu bangun tidur lebih awal. Melalui cara ini kamu seperti mendapat start lebih awal karena kamu telah melakukan beberapa aktivitas sebelum orang lain bangun.

Bangun tidur lebih awal juga meningkatkan produktivitas dalam menjalani aktivitas harian. Selain itu, memulai hari lebih awal melatih kita untuk selalu terorganisasi karena mendapat waktu lebih untuk sarapan makanan yang sehat, olahraga, mengecek email, menyelesaikan pekerjaan, serta merefleksi jadwal.

3. Fokus satu aktivitas dalam rentang waktu tertentu

Dalam dunia yang serba cepat seperti sekarang ini, tidak jarang seseorang dituntut untuk multitasking dengan mengerjakan banyak hal sekaligus. Hingga muncul anggapan bahwa jika tidak melakukan banyak kegiatan maka dianggap kurang produktif. Yang sebenarnya terjadi adalah multitasking kurang efektif untuk dilakukan. Perilaku seperti ini justru membuat kualitas dan efisiensi dalam beraktivitas menjadi turun.

Daripada melakukan banyak hal sekaligus, mulailah fokus mengerjakan satu aktivitas dalam rentang waktu tertentu. Dengan cara ini kamu dapat memberikan perhatian penuh terhadap tugas yang akan kamu kerjakan sebelum melakukan aktivitas yang lain. Misalkan pada jam sembilan pagi hingga satu siang kamu jadwalkan untuk bekerja, maka kamu hanya perlu fokus untuk menyelesaikan pekerjaan.

4. Hilangkan aktivitas yang dirasa kurang penting

Melalui jadwal kegiatan yang telah kamu rancang, dapat diklasifikasikan kegiatan mana yang penting dan yang kurang mendesak untuk dikerjakan. Kamu juga perlu menghilangkan aktivitas yang dapat mengganggu prioritasmu. Menghilangkan aktivitas kurang penting dapat membuat diri ini terlatih untuk menyelesaikan aktivitas yang paling penting terlebih dahulu. Selain itu, hal ini mencegahmu untuk mengisi jadwal dengan kegiatan tidak perlu dan membuang-buang waktu.

5. Berani katakan tidak meskipun telah berkata iya sebelumnya

Hanya karena suatu aktivitas telah tercatat dalam jadwal tidak menyebabkan hilangnya kemungkinan untuk mengadakan perubahan. Misalkan kamu telah menjadwal sebuah pertemuan, tetapi mendadak kamu perlu melakukan rapat darurat dengan rekan kerja lainnya. Kamu dapat melakukan penjadwalan ulang terhadap rapat pertama pada hari lain. Dengan catatan kamu perlu mempertimbangkan darurat atau tidaknya suatu aktivitas agar jadwal tetap terorganisir walau ada perubahan.

Itu tadi 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimalkan jadwal kegiatan harian. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk meningkatkan produktivitas serta mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Komentar