Your Say / news
rani wulandari
ilustrasi belanja online

Suara.com - Dalam kehidupannya manusia tidak jauh dari kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau yang disebut perilaku konsumtif. Kegiatan konsumtif yang dilakukan adalah sebagai cara manusia mengambil nilai manfaat dari suatu barang atau jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhannya.

Menurut pengalaman penulis melihat kondisi di lingkungan sekitar, seringkali konsumsi yang dilakukan tidak selalu berdasarkan kebutuhan namun seringnya atas dasar keinginan. Orang akan menyesal setelah uangnya menipis karena membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Pada masa pandemi ini kita yang #DiRumahAja harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Perlu meminimalisir jumlah uang yang keluar karena pemasukan di masa seperti ini sering tertahan.

Lalu, bagaimana caranya agar uang tetap aman saat #DiRumahAja? Pada artikel ini penulis akan membahas beberapa tips untuk mengatur perilaku konsumtif selama #DiRumahAja.

  1. Cek anggaran

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek anggaran keuangan. Banyak atau sedikit, cukup atau tidak, dan lihatlah apakah ada pemasukan selama #DiRumahAja? Jika ada, cek berapa pemasukannya. Jika tidak ada, maka kamu harus berhemat dan sabar.

  1. List kebutuhan

Buatlah daftar kebutuhan mu selama #DiRumahAja. Daftar kebutuhan tersebut diurutkan berdasarkan skala prioritas. Perlu ditekankan disini ya, daftar kebutuhan bukan keinginan. Right?

  1. Jaga pandangan

Menjaga pandangan bukan hanya untuk menjaga mata dari yang bukan muhrim saja. Tetapi menjaga dari hal hal yang membuat napsu kita naik untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Jika kamu orang yang terbiasa membeli sesuatu hanya karena keinginan saja, maka kurang kurangi perilaku tersebut ya!

  1. Jangan ikut-ikutan

Bisa jadi kebutuhan, pendapatan, dan tujuanmu dengan orang lain berbeda. Misalnya, si A butuh barang X karena tuntutan aturan pekerjaan, sementara pekerjaan kamu tidak menuntut hal tersebut. Jelas tujuan kamu dengan nya berbeda, maka balik lagi ke tips kedua yaitu list kebutuhan yang memang kamu butuhkan.

  1. Beli seperlunya, konsumsi secukupnya

Tentu ada beberapa barang yang biasa kita konsumsi menjadi berkurang karena #DiRumahAja. Cek kembali apakah kita benar-benar memerlukannya atau tidak, jika masih memerlukan dan bisa di kurangi maka silakan diatur pemakaiannya dengan memakai secukupnya.  Namun jika tidak perlu, sebaiknya tidak usah dibeli.

  1. Hemat uang jajan

Jika kamu masih menjadi tanggungan orangtua yang setiap minggu atau bulan mendapat uang jajan maka sadarlah bahwa masa pandemik ini orangtua kita masih bisa kerja atau tidak? Jika tidak, maka kamu harus berhemat uang jajan atau tabungan yang kamu punya dari penyisihan uang jajan tersebut. Jika masih bekerja, maka kamu harus sadar bahwa apa yang kamu beli itu masih pakai uang dari orangtua.