Nabila Prajna
Nabila Prajna
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani. [Dok. PBSI]

Perebutan salah satu piala bergengsi tim putri di ajang Uber Cup akan segera dimulai. Dalam 24 kali berpartisipasi di ajang Uber Cup, Indonesia hanya 3 kali berhasil juara, yakni tahun 1975, 1994 dan 1996. 

Kini, skuad merah putih akan berjuang mengerahkan kemampuannya dengan membawa 12 pemain, terbagi atas 4 pemain tunggal dan 4 pasang ganda. 

Pemain yang akan turun didominasi oleh para pemain muda. Walaupun begitu, Indonesia tetap mengerahkan kemampuannya di ajang tim ini. Greysia Polii menjadi satu-satunya senior yang masih ikut berlaga di Uber Cup 2020.

Dari 12 daftar nama yang masuk skuad merah putih, 11 pemain adalah pemain muda. 9 pemain akan tampil perdana di kejuaraan Uber Cup. Siapa sajakah 9 pemain yang akan tampil perdana tersebut? Berikut daftar 9 pemainnya: 

1. Putri Kusuma Wardani

Walaupun usianya ycukup muda, Putri memiliki beban yang berat. Di Piala Sudirman 2021 dan Uber Cup 2020, ia menjadi  tunggal putri pelapis kedua setelah Gregoria Mariska. 

Pemain ranking 136 dunia ini berhasil menjuarai Spanyol Master S300 setelah berhasil mengalahkan wakil Denmark Line. 

2. Nandi Putri Arumi

Pemain kelahiran 22 Februari 2001 ini adalah pemain tunggal putri asal PB Djarum. Pada tahun ini, ia belum mendapatkan kesempatan bermain di ajang internasional. Walaupun begitu, pemain dengan ranking 552 ini dipercaya untuk masuk dalam skuad Uber Cup.

3. Ester Nurumi Tri Wardoyo

Adik kandung dari Chico Wardoyo kembali terpilih di turnamen besar. Setelah berhasil tembus di Sudirman Cup 2021, Ester kembali diboyong untuk Uber Cup 2021. Ester menjadi pemain termuda dalam skuad merah putih.

4. Siti Fadia Silva Ramadhanti

Spesial ganda, Siti Fadia kembali masuk daftar skuad merah putih. Cukup cemerlang saat junior, membuat Fadia terus menjaga eksitensinya. Kini, ia akan menjalani debutnya diajang turnamen tim yang bergengsi.

5. Ribka Sugiarto

Tidak berbeda dengan Fadia, saat masa junior Ribka pun sudah banyak menorehkan kemenangan. Salah satunya ialah juara junior yang diadakan di Yogyakarta.

Kini Ribka berpasangan dengan Fadia, dan menduduki ranking 34 dunia. Serta menjadi pemain ganda putri kedua dengan ranking tertinggi di Pelatnas.

6. Nita Violin Marwah

Pemain Exist Jakarta, terpilih untuk mengisi skuad merah putih di ajang Uber Cup 2021.

7. Putri Syaikah

Pemain yang sudah genap 20 tahun ini juga diboyong untuk tampil di Piala Uber.  Putri/Nita menjadi pasangan ketiga yang dipercayai mengisi skuad Uber tim Indonesia.

8. Febby Valencia Dwijayanti Gani

Pemain asal PB Djarum kelahiran 11 Februari 2000 pun terpilih untuk mengisi skuad Uber Cup tim Indonesia. 

Sebelumnya, Febby baru saja merasakan kemenangan pada ajang Spanyol Master S300 bersama Yulfira Barkah. Namun sayangnya kabar berhembus bahwa Yulfira sudah mengajukan pengunduran diri dari Pelatnas.

Hingga saat ini belum diketahui pasangan Febby siapa. Namun disimulasi, Febby dipasangkan dengan Greysia Polii.

9. Jesita Putri Miantoro

Penghuni baru Pelatnas berhasil menembus skuad. Jesita baru saja dipromosikan ke skuad utama pelatnas pada tahun ini. Ia akan bermain disektor ganda putri. Namun, belum diketahui di Uber Cup ia akan dipasangkan dengan siapa.

Itulah 9 pebulu tangkis wanita yang berhasil masuk dalam skuad merah putih. Umur muda bukan menjadi penghalang bisa tembus skuad Uber Cup.

Komentar