M Fuad Shulkhan Tsania
M Fuad Shulkhan Tsania
Ekspresi Lionel Messi usai cetak gol perdana bagi PSG di ajang Liga Champions menghadapi Manchester City, Rabu (29/9/2021) dini hari WIB. (Foto: AFP)

Setelah mendapatkan berbagai kritik pedas mengenai permainannya yang dinilai menurun setelah pindah ke Paris Saint Germain, megabintang sepak bola dunia asal Argentina, Lionel Messi akhirnya mulai unjuk kebolehan di ajang Liga Champions Eropa.

Memainkan matchday kedua grup A bersama PSG di Parc de Princes, Messi pada akhirnya mampu mencetak gol dan turut mengantarkan le Parisien memenangi laga melawan tim favorit asal Inggris Manchester City. Tak tanggung-tanggung, tuan rumah mampu membekap The citizens dengan skor meyakinkan, dua gol tanpa balas.

Meski secara penguasaan bola tuan rumah hanya mampu menguasai 47 persen permainan, tetapi efektifitas permainan yang mereka peragakan sangat membantu kemenangan ini.

Bagaimana tidak, Messi dan kolega tercatat hanya melepaskan 6 tembakan dengan 2 di antaranya mengarah ke gawang dan membuahkan 2 gol. Sementara di kubu tim tamu, mereka melepaskan total 18 kali tembakan, dengan 7 di antaranya mengarah ke gawang, tetapi tak menghasilkan gol sama sekali. Sebuah perbandingan yang mencolok dan menunjukkan betapa kurang efisiennya permainan tim tamu.

Pada pertandingan tersebut, tuan rumah unggul terlebih dahulu melalui pemain asal Senegal, Idrissa Gueye ketika pertandingan baru berjalan 8 menit. Akselerasi Mbappe di area kiri pertahanan Manchaster City, tak mampu dihadang dengan baik, sehingga wonderkids Perancis tersebut mampu melepaskan cut back yang coba disambut oleh Neymar, tetapi gagal. Bola melenceng hasil sambutan Neymar, jatuh ke kaki Gueye dan tanpa ampun langsung melepaskan tendangan ke sudut kiri atas gawang Ederson.

Tuan rumah PSG kembali membuat seisi stadion bergemuruh ketika pertandingan memasuki menit ke-74. Kali ini, sang megabintang Lionel Messi yang membuat keriuhan.

Melalui skema serangan one-two dengan Mbappe, Lionel Messi melepaskan sepakan lengkung yang menjadi ciri khasnya dari luar kotak penalti. Bola yang meluncur deras ke pojok kiri gawang, hanya membuat Ederson mati langkah tanpa bisa menghalaunya.

Sebuah gol yang merupakan gol perdana sang megabintang Lionel Messi untuk klub asal Ibukota Perancis tersebut di gelaran Liga Champions Eropa musim ini.

Torehan 3 poin di matchday kedua melawan Manchester City ini membuat PSG kini mengoleksi 4 poin dari dual aga yang telah dijalani.

Sebelumnya, di matchday pertama lalu, Mbappe dan kawan-kawan hanya mampu berbagi angka setelah ditahan imbang oleh Club Brugge dengan skor 1-1.

Empat poin yang dimiliki oleh PSG, untuk sementara membuat mereka memuncaki klasemen grup A, sementara Manchester City harus turun ke peringkat 3 dengan koleksi 3. 

Komentar