Haqia Ramadhani
Haqia Ramadhani
Ilustrasi pay later. (unsplash.com/@rupixen)

Pada era belanja online sekarang banyak e-commerce yang menjadi pilihan. E-commerce yang ada juga menawarkan berbagai macam kemudahan bagi penggunanya. 

Salah satu kemudahan yang diberikan oleh sebuah e-commerce terletak pada metode pembayaran. Ada beraneka pilihan metode pembayaran yang ditawarkan mulai dari transfer, cash on delivery, hingga paylater. 

Metode paylater adalah metode pembayaran baru, dimana pengguna bisa membayar barang yang dipesan dengan cara mencicil atau ditaguhkan di akhir bulan. 

Secara singkat metode paylater mirip dengan sistem kredit. Beli dulu pakai uang e-commerce, bayarnya kemudian. 

Bicara soal paylater ada satu cerita lucu yang dibagikan oleh pengguna media sosial TikTok @iyo_beng. 

"Kebodohan yang hakiki," caption unggahan video seperti dikutip oleh Yoursay.id, Senin (14/03/2022).

Pengguna TikTok tersebut bercerita tentang seorang teman prianya yang menggunakan paylater sebuah e-commerce besar. 

Si pria ini memakai paylater untuk membeli lemari. Harga lemari yang akan dibeli si pria bisa dibilang cukup terjangkau untuk barang seperti itu. 

Harga satu buah lemari yang dibeli dengan paylater yaitu 130 ribu rupiah. Si pria tidak mengecek terlebih dahulu penilaian serta deskripsi barang dengan teliti. 

Alhasil dia dibuat kaget dengan penampakan asli lemari yang dipesan. Ternyata lemari seharga 130 ribu rupiah yang dia pesan yaitu lemari Barbie alias lemari mainan. 

"Beli lemari 130 ribu pakai Shopee paylater yang datang malah lemari Barbie," tulisan dalam video.

Dalam rekaman video tersebut, si pria yang memesan lemari hanya bisa pasrah. Dia hanya bisa tersenyum ketika ditertawakan oleh teman-temannya.

Lemari Barbie

Penampakan lemari yang dibeli pakai paylater (TikTok/ @iyo_beng)

Menurut pengunggah video, ia menjelaskan bahwa lemari yang dipesan temannya benar demikian. Semua murni kesalahan temannya sendiri bukan penjual. 

"Ini bukan kesalahan penjual ya kakak. Ini pure kesalahan customer, maklum cowok yang penting murah check out langsung," jelasnya.

Belum ada 24 jam video ini diunggah telah ditonton sebanyak 2, 8 juta kali. Pengguna TikTok yang menonton video itu langsung membanjiri kolom komentar untuk memberikan tanggapan. 

"Ya sudag bang, utang lagi beli," kata seorang pengguna TikTok.

"Pakai paylater dicicil 6 bulan lagi," sahut lainnya.

"Ngakak enggak tuh tersisa tagihannya," komen yang lain.

"Sumpah ngakak," timpal pengguna TikTok lainnya. 

Komentar