alexametrics

Cegah Penumpukan Sampah, Mahasiswa PMM UMM 82 melakukan sosialisasi 3R

PMM UMM
Cegah Penumpukan Sampah, Mahasiswa PMM UMM 82 melakukan sosialisasi 3R
Salah Satu Warga Desa Bajangan yang Mendapatkan Sosialisasi 3R.

Senin, 3 Agustus 2021 lalu Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang alias UMM yang sedang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau PMM Kelompok 82 Gelombang 12 mensosialisasikan tentang pengolahan limbah dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Mengingat kegiatan PMM ini dilakukan ketika pandemi berlangsung, maka Kepala Desa Bajangan menghimbau agar sosialisasi tidak dilakukan dengan mengumpulkan warga atau berkerumun karena untuk menghindari penyebaran dan penularan virus Covid-19.

Maka dari itu, kami mensosialisasikan kepada masyarakat dengan cara mendatangi warga dari rumah ke rumah (door to door) di sekitar Desa Bajangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan tetap jaga jarak. 

Pada kegiatan sosialisasi ini, kami menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah dipahami dan memberikan contoh contoh nyata sehingga masyarakat awam mampu mencerna dengan baik informasi yang disampaikan.

Metode yang kami lakukan yaitu dengan membawa poster dan flyer yang di-design semenarik mungkin untuk diberikan pada masyarakat dengan harapan masyarakat tertarik untuk membacanya. Kegiatan sosialisasi ini diadakan untuk mengedukasi masyarakat agar tahu bagaimana cara mengatasi dan mengurangi limbah yang dihasilkan agar tidak menjadi tumpukan sampah yang mencemari lingkungan

Dengan metode ini, kami berharap agar masyarakat desa Bajangan Kecamatan Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan lebih dapat memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang bernilai guna tinggi seperti ; kompos (jika sampah organik) dan kerajinan tangan (jika sampah anorganik). 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak