alexametrics

Gowes dan Tanam: Aksi Nyata Menjaga Bumi ala Pencinta Alam UIN Jakarta

Hadid Aulia
Gowes dan Tanam: Aksi Nyata Menjaga Bumi ala Pencinta Alam UIN Jakarta
Gowes dan Tanam (Doc/Hadid Aulia).

Bersepeda tidak hanya berguna untuk menyehatkan badan. Namun, akan lebih bermanfaat jika ditambah dengan aksi sadar lingkungan. Misalnya aksi kampanye untuk menanam pohon dan menjaga bumi.

Hal tersebut dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Pencinta Alam Arkadia (KPA Arkadia) UIN Jakarta. Mereka melakukan kegiatan bike campaign dan menanam bersama di lingkungan kampus UIN Jakarta, Minggu (17/10/2021). 

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan KPA Arkadia untuk mendukung program Green Campus UIN Jakarta. Sebanyak 36 pesepeda yang mengikuti kegiatan gowes, serta sekitar 50 peserta turut andil di kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini adalah satu bentuk upaya dukungan KPA Arkadia untuk mendukung UIN Jakarta dalam mewujudkan green campus,” ujar Muh. Kamil Amirullah, Ketua KPA Arkadia.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk kritik kepada pihak kampus UIN Jakarta terkait program kampus hijau dengan melakukan aksi bersepedah dan penanaman bibit tanaman di lingkungan kampus.

“Sebagai bentuk kritikan kepada kampus yang dari dulu menggaungkan terkait green campus, yang pada nyatanya belum ada pergerakan dari kampus. Ini adalah sebuah protes, sekaligus melakukan aksi nyata untuk mendukung kegiatan tersebut”, lanjutnya.

Ada sebanyak 100 lebih bibit tanaman yang ditanam di sekitar lingkungan kampus UIN Jakarta. Sebelumnya ditanam sebanyak 25 bibit disekitar kampus 1, sebanyak 20 bibit di sekitar kampus 2 dan 3 Kedokteran, sebanyak 15 bibit di sekitar kampus 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan sebanyak 60 bibit di sekitar kampus 5 Profesi Pendidikan Guru (PPG) UIN Jakarta. Jenis tanaman yang ditaman di antaranya bibit jambu tabebuya, sirsak, sengon, dan kelor.

“Jenis bibit yang ditanam ada jambu tabebuya, sirsak, sengon, kelor. Di kampus 1 sebanyak 25 bibit, kampus 2 dan 3 sebanyak 20 bibit, kampus 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 15 bibit, serta kampus 5 disekitar gedung Profesi Pendidikan Guru (PPG) sebanyak 60 bibit. Jadi total bibit yang ditanam sekitar 120 bibit," ujarnya.

Kamil berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut serta ada aksi nyata dalam bentuk tindakan.

“Harapannya program seperti ini akan terus berkelanjutan. Kegiatan seperti ini Arkadia terus mengkampanyekan dan melakukan aksi, di mana kita ini organisasi yang bergerak dikepecintaalaman," pungkas dia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak