alexametrics

D3 Elektronika UNJ Mengabdi: Pelatihan PLC-HMI dan LMS untuk Guru di Bekasi

DIII TE
D3 Elektronika UNJ Mengabdi: Pelatihan PLC-HMI dan LMS untuk Guru di Bekasi
Pengabdian masyarakat mahasiswa (ist).

Di era pandemi Covid-19, proses pembelajaran dilakukan dengan metode Belajar dari Rumah (BDR) melalui media daring.

Dalam mendukung pelaksanaan proses BDR tersebut, Program Studi D3 Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), melaksanakan program peningkatan kompetensi guru melalui berbagai cara, yakni:

  1. Pengembangan keterampilan guru melalui pelatihan PLC berbasis HMI (Human Machine Interface)
  2. Pengembangan media pembelajaran berbasis LMS (Learning Management System) bagi guru.

Program peningkatan kompetensi ini merupakan implementasi pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada bulan Juli 2021, dengan target guru-guru di wilayah Kecamatan Babelan, Bekasi, awa Barat.

Dekan Fakultas Teknik UNJ, Dr. Uswatun dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sharing ilmu dan keterampilan terkait perkembangan teknologi.

Sinergitas antara perguruan tinggi, mitra khususnya sekolah, dan industri yang berkesinambungan pada akhirnya akan meningkatkan daya saing bangsa.

Narasumber pelatihan merupakan dosen DIII Teknik Elektronika Universitas Negeri Jakarta, yaitu Syufrijal, Ermi Media’s, Rimulyo Wicaksono, dan Muhammad Rif’an, serta didukung oleh mahasiswa Diploma III Teknik Elektronika yaitu Ihya Manarul Huda, Rizki Muladi, Soraya Nur Hidayat, Mochamad Nur Azmi, Rahma Agusrianti, Aulia Sabrina, dan Siska Lestari.

Di dalam kegiatan Pengembangan Keterampilan Guru melalui pelatihan PLC berbasis HMI (Human Machine Interface), dibahas tentang Pengenalan PLC, Pemrograman Dasar PLC, Perancangan HMI, dan Aplikasi HMI PLC.

Sementara itu, dalam pengembangan media pembelajaran berbasis LMS (Learning Management System) bagi guru, diulas mengenai cara-cara membuat media pembelajaran memanfaatkan LMS Moodle, pembuatan lesson, quiz, serta manajemen LMS secara umum.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan guru-guru dapat memanfaatkan teknologi informasi secara optimal dalam melaksanakan pembelajaran secara BDR dan tetap menjaga mutu dan kompetensi lulusan yang akan dihasilkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak