facebook

Berkat Pengaruh Jimin BTS, Ekspor Makanan Khas Korea Tteokbokki ke Luar Negeri Meningkat Pesat

Shinta Ci
Berkat Pengaruh Jimin BTS, Ekspor Makanan Khas Korea Tteokbokki ke Luar Negeri Meningkat Pesat
Potret Jimin BTS. (Allkpop)

Jimin BTS menarik perhatian dari orang-orang di seluruh dunia, bukan hanya karena dia pandai bernyanyi, menari, dan membuat musik, tetapi juga karena selera makanannya. Star Nerws melansir, karena popularitas globalnya yang besar dan sangat berpengaruh, Jimin berhasil membuat kontribusi yang besar terhadap peningkatan ekspor makanan Korea, yakni tteokbokki.

Menurut 'Laporan Pasar Segmentasi Pangan Olahan 2021' yang diterbitkan oleh Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation, Kementerian Pertanian, Pangan dan Urusan Pedesaantan Korea Seltan, ekspor makanan olahan berjumlah US$34,93 juta atau sekitar 514,120 miliar rupiah.

Dari semua jenis makanan Korea, yang paling banyak mengalami peningkatan ekspor adalah tteokbokki, salah satu makanan favorit Jimin. Eskpor tteokbokki meningkat 56,7% di tahun 2021.

Menurut data 'Status Pasar Segmentasi Pangan Olahan 2021 Edisi Gochujang,' seiring dengan peningkatan ekspor tteokbokki, jumlah ekspor pasta cabai merah Korea juga meningkat sebanyak US$50,932 juta atau sekitar 728,933 miliar rupiah, meningkat 35,2% dibandingkan tahun 2019 lalu.

Tteokbokki, camilan khas Korea ini mendapat banyak perhatian di luar negeri saat Jimin makan tteokbokki di toko pinggir jalan Dongdaemun, dan sejak itu permintaan bahan baku tteokbokki di selurh dunia meningkat pesat.

Jimin BTS menunjukkan keunggulan K-food kepada orang asing hanya melalui popularitas dan pengaruh globalnya tanpa disengaja, memberikan dampak positif pada ekonomi Korea dengan meningkatkan ekspor makanan.

Ini bukan pertama kalinya Jimin BTS memberikan dampak yang besar pada ekspor makanan Korea. Sebelumnya, media Bisnis Amerika, Bloomberg QuickTake pernah melaporkan peningkatan penjualan pangsit Korea, "mandu" di seluruh dunia berkat Jimin dan V BTS.

Pangsit atau "mandu" menjadi terkenal dan banyak diburu oleh pecinta kuliner setelah disebutkan di lagu "Friends" produksi Jimin. Hal ini menyebabkan peningkatan penjualan sekitar US$570 juta atau sekitar 8,160 Triliun Rupiah. 

Lagu "Friends" sendiri menceritakan tentang persahabatan Jimin dan V BTS. Mereka sempat bertengkar karena berebut pangsit atau "mandu." Pertengkaran tersebut tampak konyol, tapi itu justru membuat persahabatan mereka semakin kuat, bahkan berpengaruh baik pada ekspor makanan di Korea.

Itulah kabar terbaru dari Jimin BTS yang memenaruhi seluruh dunia dan meningkatkan ekspor makanan di Korea lewat camilan khas tteokbokki. Dengan kekuatan popularitasnya, tidak heran jika Jimin mendapat julukan 'Korea Frontman.' Bagaimana menurutmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak