facebook

Jimmy Kimmel Dikritik, Diduga Membuat Lelucon Rasis Tentang BTS

Tiwa Nadha Azzahra
Jimmy Kimmel Dikritik, Diduga Membuat Lelucon Rasis Tentang BTS
Potret BTS. (Koreaboo/shintaci)

Hanya seminggu setelah membandingkan demam BTS dengan COVID-19, Jimmy Kimmel kembali dikecam karena lelucon yang dibuatnya selama monolog pembukaannya di acara bincang-bincangnya, Jimmy Kimmel Live!

Pekan lalu, Jimmy Kimmel mewawancarai aktris Ashley Park, pemeran Mindy Chen dalam serial Netflix Emily in Paris. Ashley Park meanampilkan cover Dynamite BTS di acara itu, dan dia memberi tahu Jimmy Kimmel bahwa RM dan V membagikan klip cover-nya di Instagram mereka.

Sebagai seorang ARMY, Ashley Park sangat senang karena kedua member BTS itu tidak hanya melihat cover Dynamite miliknya, tetapi juga membagikannya kepada pengikut mereka di akun Instagram pribadi mereka. Dia mengungkapkan bahwa dirinya sedang manikur ketika dia mengetahui bahwa V memposting cover-nya, dan dia mengatakan itu adalah keajaiban bahwa dia bisa menyelesaikan manikurnya karena tangannya sangat gemetar terlalu gembira bisa diperhatikan oleh member BTS.

Ashley Park mengatakan dia memiliki reaksi yang sangat kuat  terhadap RM dan V karena membagikan cover-nya di Instagram. Dia berkata dirinya merasa seolah-olah akan syok, dan dia mengatakan hampir tidak bisa berbicara, berpikir, dan bangun untuk sisa hari itu. Sayangnya, gejala yang dia rasakan buka hanya dari fangirling yang terlalu intens. Diketahui bahwa Ashley telah terpapar Covid-19 varian Omicron, dan virus adalah alasan mengapa ia merasa sangat aneh.

Jimmy kimmel Live (YouTube)
Jimmy kimmel Live (YouTube)

Ashley menjelaskan bahwa dia tidak pernah menduga akan menderita COVID-19 karena ia pikir semua gejalanya adalah syok setelah RM dan V memperhatikannya. Jimmy Kimmel berkata “Kamu pikir itu demam BTS,” dan Ashley mengiyakan. Kemudian Jimmy mengatakan “Keduanya sangat berbahaya, Anda beruntung bisa keluar dari mereka dan masih hidup.”

Orang-orang memanggil Jimmy Kimmel karena membandingkan demam BTS dengan virus corona. Orang-orang Asia telah menjadi sasaran kebencian dan kekerasan sejak awal pandemi, dan banyak orang merasa bahwa lelucon Jimmy itu hanya menambah bahan bakar api rasis dan anti-Asia. Kini, hanya berselang seminggu Jimmy Kimmel kembali mendapat kecaman karena diduga menaungi BTS saat membicarakan varian terbaru COVID-19, Omicron BA.2, dalam monolog pembukaannya pada 27 Januari 2022.

Dalam siaran itu, meskipun tidak menyebutkan BTS secara langsung, banyak penggemar percaya bahwa Jimmy Kimmel merujuk ke mereka, seperti saat ia membuat lelucon dengan Ashley Park, dan dia merujuk pada boy band yang bermunculan “di seluruh dunia”. Sekali lagi, netizen menyebutnya di Twitter karena rasis dan xenophobia. Bahkan di TikTok juga banyak yang berkomentar atas masalahnya itu, yang membuat lelucon dengan membandingkan orang Asia dengan COVID-19.

Sampai sekarang, Jimmy Kimmel dan timnya diduga belum meminta maaf atas lelucon yang dia buat saat mewawancarai Ashley Park atau lelucon yang dia buat selama monolog acaranya pada 27 Januari lalu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak