facebook

Capai Miliaran! Berikut 3 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal

M. Fuad S. T.
Capai Miliaran! Berikut 3 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal
Film Bumi Manusia (lsf.go.id)

Menghasilkan sebuah karya yang berkualitas memang membutuhkan banyak pengorbanan. Selain berkorban pikiran, tenaga, dan juga waktu, satu hal yang tak boleh terlupakan adalah budget atau anggaran. Iya, film terbaik, memang selalu berkorelasi dengan tingginya biaya yang dikeluarkan. Nah, kali ini saya akan menuliskan 3 film Indonesia yang memiliki budget atau biaya produksi termahal hingga tahun 2022 ini. sudah tahu film mana sajakah itu? Ayo kita simak bersama!

1. Foxtrot Six

Film Foxtrot Six (IMDb)
Film Foxtrot Six (IMDb)

Film Indonesia yang tercatat sebagai film dengan biaya produksi termahal hingga saat ini adalah film rilisan tahun 2019 berjudul Foxtrot Six. Disadur dari laman cinemags, film ini mengeluarkan biaya pembuatan hingga lebih dari 70 miliar rupiah. Menurut Manoj Punjabi, hal ini wajar karena film Foxtrot Six ini memakai standar perfilman Hollywood.

Dan bagi teman-teman yang telah menontonnya, pasti paham mengapa film ini membutuhkan biaya yang besar karena menampilkan aktor-aktor kelas atas Indonesia. Selain itu, tentu saja di film ini juga diperlihatkan berbagai senjata canggih seperti di film-film Hollywood yang sering kita lihat itu.

2. Trilogi Merdeka

Film Darah Garuda bagian Trilogi Merah Putih (IMDb)
Film Darah Garuda bagian Trilogi Merah Putih (IMDb)

Kedua, ada tiga film yang menjadi bagian dari trilogy Merdeka yang berstatus sebagai film dengan biaya produksi termahal di Indonesia. 3 film yang tayang pada 2009, 2010, dan 2011 tersebut memakan budget produksi hingga lebih dari 60 miliar rupiah. Hal ini wajar, karena dalam film tersebut, selain melibatkan banyak tokoh, juga dilengkapi dengan berbagai property dan ledakan yang menggambarkan suasana perang kemerdekaan Indonesia pasca kemerdekaan.

3. Bumi Manusia

Film Bumi Manusia (lsf.go.id)
Film Bumi Manusia (lsf.go.id)

Film yang diangkat dari novel Pramoedya Ananta Toer ini ternyata masuk dalam film Indonesia dengan biaya produksi termahal lho. Film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadan dan juga Mawar de Jong tersebut, menurut laman cinemags, mencapai lebih dari 50 miliar rupiah. Hal ini dikarenakan ada dua hal, selain karena melibatkan banyak pemain, film berdurasi 181 menit ini juga harus mempersiapkan setting Indonesia ketika masa-masa kolonial dan penjajahan Belanda, sehingga membutuhkan berbagai property yang tak murah.

Nah, itu dia teman-teman, 3 film Indonesia yang terkonfirmasi memiliki biaya produksi termahal hingga tahun 2022. Adakah yang menjadi film favorit kalian?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak