facebook

Netizen Bahas Mengapa Artis SM Entertainment Perbarui Kontrak dengan Agensi

Fitri Suciati
Netizen Bahas Mengapa Artis SM Entertainment Perbarui Kontrak dengan Agensi
Logo agensi SM Entertainment.[Twitter/@allkpop]

Di industri K-pop, idol diciptakan oleh perusahaan hiburan yang menaungi mereka. Agensi bertugas merencanakan, melatih, dan men-debutkan idol group mereka. Setelahnya, tergantung kepada grup atau idol itu sendiri untuk berusaha dengan keras membangun nama dan popularitas mereka masing-masing. 

Mengutip dari Allkpop pada Rabu (11/5/2022), idol biasanya terikat kontrak dengan agensi minimal tujuh tahun setelah mereka debut, dan setelahnya akan diberi kebebasan apakah mereka akan memperpanjang kontrak mereka atau memilih meninggalkan agensi, dan pindah ke agensi lain yang memberikan penawaran lebih baik.

Baru-baru ini netizen membuka diskusi online di situs komunitas online populer, Nate Pann, tentang mengapa artis atau idol dari SM Entertainment memutuskan untuk memperpanjang kontrak mereka dengan agensi tersebut. 

Menurut salah satu netizen, SM Entertainment adalah salah satu dari sedikit agensi yang memperbolehkan dan mendukung artis mereka untuk mengembangkan bakat mereka di berbagai bidang.

Ia menyatakan, "Contohnya Girls' Generation. Para member sangat mencintai grup mereka, tapi pada saat yang bersamaan ingin meninggalkan agensi, dan agensi mengizinkan hal itu. Agensi juga membiarkan mereka menyebutkan nama member yang telah meninggalkan agensi dan tidak melarang mereka berkumpul bersama atau memiliki aktivitas sebagai grup."

"Meskipun waktu yang dibutuhkan sangat lama, para member muncul di program variety show bersama-sama, dan melakukan semuanya bersama-sama. Contohnya kemunculan mereka di 'You Quiz' bersama-sama," lanjutnya. 

Netizen tersebut juga menambahkan, "Yoona dan Yuri fokus pada akting dan menjadi seorang aktris, dan SM bahkan memiliki Keyest Entertainment, yang merupakan agensi yang khusus menangani aktor, jadi SM tetap mendukung artisnya jika mereka ingin beralih menjadi seorang aktor."

Ia juga menyebutkan bagaimana SM juga memfasilitasi para artisnya yang ingin terjun dan fokus ke dunia entertainer dan tampil di acara variety show. Contohnya Heechul dan Shindong Super Junior. 

Menurutnya, "Para idol yang telah debut juga bisa tampil sebagai solo artis, seperti BoA, Taeyeon, Taemin, Baekhyun, Suho, Joy, Kai, Wendy, dan masih banyak lagi."

Dalam artian lain, menurut netizen yang memulai diskusi online ini, para idol SM Entertainment memiliki lebih banyak kesempatan untuk mencoba bidang karier yang lain di dalam industri hiburan, dan agensi memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pilihan mereka.

Beberpa netizen lain pun mengungkapkan pendapatnya sebagai berikut. 

"Aku tahu fans tidak menyukai SM, tetapi jika aku menjadi artis SM, aku pikir SM tidak terlalu buruk. SM mengizinkanmu untuk tetap melakukan promosi, mereka membiarkanmu menjadi aktor, mereka tidak peduli jika kamu berkencan setelah debut cukup lama, kamu tetap mendapatkan kesempatan untuk merilis album meskipun hasilnya tidak begitu menggemparkan. BoA dan Kangta mungkin akan tetap menjadi artis SM meski mereka telah berusia 40-an. Sebenarnya SM agensi yang cukup baik."

"Aku pikir postingan ini ada benarnya juga. Mereka mengizinkan artis mereka untuk melakukan apa yang mereka inginkan, solo atau akting, tak masalah seperti apa pun hasilnya."

"Lihat saja Key dan Taeyeon, mereka terlihat sangat bebas. Artis SM juga terlihat dekat satu sama lain, mereka bahkan terlihat dekat dengan Lee Soo Man."

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak