facebook

Mantan Idol K-Pop, Ini Dia Sosok LUKE yang Jadi Produser Lagu JO1

Rizki Lestari
Mantan Idol K-Pop, Ini Dia Sosok LUKE yang Jadi Produser Lagu JO1
Choi Hayoung a.k.a Luke (Instagram/luke_hy0822)

Selama grub TRCNG hiatus dari aktivitas publik dan bersenggolan dengan meja hijau selama 3 tahun, ternyata Choi Hayoung selaku vokalis tidak pernah berhenti berkarya loh!

Mengutip dari akun Instagram pribadinya, Choi Hayoung berpartisipasi dalam banyak lagu-lagu masterpiece dan iconic dari artis nasional maupun luar Korea.

Namanya mulai dikenal sejak debut di tahun 2017 sebagai anggota boyband termuda besutan TS Entertainment, TRCNG. Namun, karier mereka tidak berjalan mulus dan akhirnya bubar di akhir Maret 2022. Para member menjalani kehidupannya masing-masing setelah itu.

Namun, siapa yang menyangka kalau Hayoung rupanya tidak hanya berkariwr dengan TRCNG saja tapi juga dengan banyak produsen musik lainnya. Nama LUKE ia gunakan sebagai salah satu orang penting yang memegang bagian vital pembuatan musik, produser, dan penulis lirik.

Menyadur dari akun Instagram pribadi Hayoung @luke_hy0822, Hayoung bergabung dengan kelompok produser lagu 13 (dibaca sib-ssams) dengan 4 produser lain. Banyak lagu-lagu terkenal yang rupanya bersumber dari mereka. Termasuk lagu debut LE SSERAFIM "Fearless"

Lisensi musik di dalam industri Korea sangat lumrah terjadi, apalagi jika agensi sang artis adalah agensi yang besar dengan banyak investor sultan. Jadi jangan heran jika copyright atau hak cipta musik artis k-Pop idola kita disandingkan dengan nama-nama lain yang mungkin kedengaran asing.

Berikut beberapa lagu populer yang Hayoung ikut berpartisipasi dalam pembuatannya, dikutip dari website KOMCA ( Korean Music Copyright Association )

  1. Better Me - Gfriend 
  2. Monstar - JO1
  3. Never Ending Story - JO1
  4. Runway - Produce 101 Japan S2
  5. Speed of Light - JO1
  6. Witch - Good Girl
  7. Pangpare - Golden Child

Di samping karya-karya populer tersebut, Hayoung saat ini sedang menjalani wajib militer di umurnya yang masih 23 tahun. 

Sebagai tambahan, pada tanggal 23 Maret Hayoung mengatakan dalam postingan pribadinya bahwa ia tidak ingin menjadi idol lagi. Hayoung memilih jalan sebagai produser dan penulis lagu bebas yang tidak dinaungi agensi manapun untuk saat ini, berbeda dengan beberapa rekan terdahulunya.

Meskipun begitu, Hayoung menjadi kawan yang suportif dengan karir teman-teman idol. Sebagai contoh, Hayoung ikut meramainkan siaran langsung APR PROJECT dan meminta dukungan pada para penggemar untuk teman-temannya yang akan segera debut di bulan Juni mendatang.

APR PROJECT adalah sebuah boy group K-pop di bawah naungan APR Entertainment dan beranggotan 4 mantan member TRCNG, yaitu Jihun, Hyunwoo, Siwoo dan Hamin (yang dulu dikenal sebagai Kangmin).

Sikap Hayoung ini bisa kita tiru sebagai teman yang suportif walau berbeda dari beberapa segi kehidupan. Sekian berita mengenai Choi Hayoung alias Luke, semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak