facebook

Kemenangan LE SSERAFIM Tuai Kontroversi, Netizen Laporkan Manipulasi Skor 'Music Bank' ke Polisi

Fitri Suciati
Kemenangan LE SSERAFIM Tuai Kontroversi, Netizen Laporkan Manipulasi Skor 'Music Bank' ke Polisi
Foto kemenangan LE SSERAFIM di Music Bank, yang tuai kontroversi manipulasi poin (allkpop)

Acara musik mingguan KBS2 'Music Bank' dilaporkan ke Komisi Standar Komunikasi dan Penegak Hukum Korea Selatan terkait kasus maipulasi voting.

Allkpop melansir pada Sabtu, 21 Mei 2022, seorang pengguna komunitas online melaporkan program 'Music Bank' ke Komisi Standar Komunikasi dan Penegak Hukum Korea Selatan dan Badan Polisi Nasional pada tanggal 20 Mei 2022, atas kasus manipulasi voting.

Sang pelapor mengatakan, "Dinilai bahwa penyelidikan menyeluruh diperlukan untuk laporan bahwa KBS menghapus skor lagu Lim Young Woong dan menemukan kesalahan dalam penjelasan yang diberikan. Oleh karena itu, ada kecurigaan atas apa yang disebut 'manipulasi rekaman' oleh 'Music Bank'.

"Lagu Lim Young Woong 'If We Ever Meet Again' disiarkan di radio setidaknya tiga kali selama periode penghitungan di minggu kedua bulan Mei, tetapi bahkan tidak mendapatkan skor siaran. LE SSERAFIM menerima 5.378 poin siaran karena tampil di konten KBS 'Idol Human Theater' dan 'Leemujin Service', tetapi grup TREASURE dan IVE, yang muncul di program yang sama, masing-masing menerima 14 dan 21 poin. Jadi, ada kecurigaan manipulasi skor," lanjutnya. 

Selain itu pelapor juga menyinggung, "Music Bank 0 poin issue adalah masalah demokrasi dan masalah persaingan yang adil di masyarakat kita." Ia mengutip contoh di masa lalu ketika Mnet dinyatakan bersalah atas kesalahan tim produksi dan dijatuhi hukuman penjara karena 'manipulasi produksi.'

Menurut Laporan Nasional, biasanya dibutuhkan dua sampai tiga hari untuk menerima pengaduan perdata untuk diserahkan ke departemen yang bertanggung jawab di dalam Badan Kepolisian Nasional.

Sebagai tanggapan, KBS mengatakan, "Kami belum menerima kontak apa pun dari polisi, tetapi kami akan merespons sesuai dengan situasinya."

Dalam siaran KBS2 'Music Bank' pada tanggal 13 Mei 2022, "Fearless" milik LE SSERAFIM mengalahkan "If We Ever Meet Again" milik Lim Young Woong untuk menempati posisi pertama. Sebagai tanggapan, beberapa netizen mengungkapkan keraguan mereka setelah melihat skor yang detail.

Ini karena Lim Young Woong mencetak 0 poin dalam skor preferensi pemirsa dan jumlah siaran.

Sebagai tanggapan, 'Music Bank' menjelaskan metode penghitungan K-chart sekali lagi. Menurut CP Han Dong Gyu, metode agregasi K-chart terdiri dari 'sumber suara digital (60%) + jumlah siaran (20%) + preferensi pemirsa (10%) + album (5%) + media sosial (5%)'. 

Skor 'jumlah siaran' adalah skor yang ditambahkan dengan jumlah penampilan di program TV, konten digital, dan program radio yang diproduksi oleh KBS, termasuk program hiburan di YouTube KBS.

Dia terus menjelaskan bahwa periode penilaian adalah dari tanggal 2-8 Mei, dan lagu-lagu Lim Young Woong hanya diputar di acara radio KBS 'This is Lee Yoon Jung's exciting night' (4 Mei), 'Lim Baek Cheon's Baek Music' (4 Mei), dan With Kim Hye Young' (7 Mei)'.

Menanggapi poin kontradiksi, 'Music Bank' menjelaskan lagi bahwa "Skor siaran radio dihitung untuk tujuh program KBS Cool FM. Kami memberi tahu Anda bahwa program selain tujuh program tersebut tidak termasuk dalam penghitungan skor."

Itu tadi berita kontroversi yang menyangkut kemenangan LE SSERAFIM atas Lim Young Woong di ajang 'Music Bank' tanggal 13 Mei lalu, dan masih berlanjut hingga sekarang. Bagaimana menurut kalian? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak