facebook

Bobby, Donghyuk, dan Junhoe iKON Berbagi Pemikiran Tentang Perjuangan Grup

Shinta Ci
Bobby, Donghyuk, dan Junhoe iKON Berbagi Pemikiran Tentang Perjuangan Grup
Bobby, Donghyuk dan Junhoe iKON berbagi pemikiran tentang perjuangan grup (Soompi)

Pada 4 Juni 2022, Soompi mengabarkan bahwa baru-baru ini Bobby, Donghyuk, dan Junhoe iKON muncul sebagai tamu di acara “Oh Eun Young's Golden Clinic” di mana mereka secara terbuka berbagi pemikiran tentang perjuangan grup mereka, kepergian leader B.I, pernikahan mendadak Bobby, dan banyak lagi. Mereka berbincang-bincang dengan psikiater terkenal Dr. Oh Eun Young.

Ketika ditanya apa yang menjadi kekhawatiran mereka saat ini, ketiga anggota iKON mengaku sering merasa cemas. Donghyuk menjelaskan, “Yang rumit adalah kami tidak tahu mengapa kami cemas. Kami berada di tahun kedelapan sejak debut dan termasuk hari-hari pelatihan kami. Kami telah hidup bersama selama lebih dari 10 tahun. Kami mengingat momen luar biasa dari debut dan merasakan kebahagiaan karena kami menerima begitu banyak cinta. Namun, semua anggota memiliki kecemasan yang tidak dapat diidentifikasi ini.”

Donghyuk lalu membahas tentang kepergian leader B.I dari iKON pada Juni 2019 lalu setelah terlibat skandal narkoba. Dia berkata, “Sejujurnya, waktu yang sulit bagi kami sebagai sebuah tim adalah ketika B.I pergi dan kami menjadi enam. Saya merasa tercengang bahwa pemimpin itu tidak ada lagi dalam tim. Dia sudah yang melakukan begitu banyak untuk kami.”

Junhoe menambahkan, “Itu seperti berita orang lain, alih-alih merasa sedih, aku merasa semuanya tidak nyata.” Bobby lalu berkomentar, “Saya bahkan tidak bisa berpikir, 'apa yang harus kita lakukan sekarang?' Selama beberapa bulan, saya hanya hidup setiap hari dengan berpikir, 'dia sudah pergi.' Ketiadaan seseorang yang pernah tinggal bersamaku terasa pahit, karena teman yang telah bertahun-tahun bersamaku, hingga kemarin, tiba-tiba pergi.”

Bobby menjelaskan bagaimana ini membuatnya merasa khawatir tentang masa depan grup, dengan mengatakan, “Karena anggota seperti pilar yang melakukan begitu banyak untuk tim sekarang telah pergi, saya berpikir, apakah ini akhir dari iKON?”

Dr. Oh Eun Young lalu mengatakan kepada mereka, “Kalian pasti berada dalam posisi di mana kalian tidak melakukan kesalahan, tetapi harus disalahkan dan bertanggung jawab. Merasa reputasi iKON rusak.”

Dia menambahkan, “Pasti sulit untuk membicarakan hal ini di antara para anggota. Namun, bahkan jika kalian tidak bisa membicarakannya di depan publik, saya percaya enam anggota harus membicarakannya secara mendalam. Kalian harus saling menghibur.”

Setelah itu, para anggota berbicara tentang masalah mereka masing-masing. Donghyuk berbagi, “Aku khawatir karena Junhie sering bertindak hanya berdasarkan suasana hatinya akhir-akhir ini.” Bobby menambahkan, “Ada banyak waktu ketika kami berenam duduk untuk wawancara dan Junhoe mengatakan sesuatu yang benar-benar membuat kami khawatir.”

Junhoe lalu menjelaskan, “Mereka semua sangat mengkhawatirkan saya. Mereka khawatir setiap kali saya membuka mulut.” Dia melanjutkan, “Saya memiliki kepercayaan diri. Saya percaya saya pasti akan melakukannya dengan baik. Namun, selama dua tahun terakhir kepercayaan itu mulai goyah. Baru-baru ini, ketika album kami keluar, kami melakukan wawancara. Saya ditanya 'lagu mana yang paling Anda sukai di album?' Saya langsung menjawab, 'Tidak ada satu pun.' Meskipun semua lagu kami bagus, sejujurnya tidak ada lagu yang membuat saya sangat terkesan, jadi saya mengatakan itu.”

Dr. Oh Eun Young lalu menimpali, “ Sepertinya Anda memiliki kemampuan untuk membuat keputusan dengan cepat. Kelemahannya adalah Anda tidak sabar dan mudah marah.”

Mengenai Bobby, para anggota mengungkapkan bahwa mereka tidak tahu banyak tentang dia karena dia tidak banyak berbicara tentang perasaannya.

Bobby berkomentar, “Mereka dulu memanggilku pembuat suasana hati ketika kami pertama kali debut, tapi belakangan ini aku pikir aku menjadi sangat pendiam. Saya merasa canggung dengan semua orang.” Ketika ditanya apakah canggung dengan anggotanya juga, Bobby menjawab, “Sejujurnya, saya merasa canggung dengan semua orang.”

Dr. Oh Eun Young menjawab, “Tidak berbicara berarti kamu tidak menyukai lawan bicara. Karena Anda sudah mengenal mereka selama lebih dari 10 tahun, saya rasa Anda tidak asing lagi dengan mereka. Jika canggung, apakah ada saat-saat Anda tidak ingin menghabiskan waktu dengan mereka? ”

Bobby menjawab, “Saya tidak berpikir berbicara baik untuk saya. Saya mengerti betul bahwa orang ini ingin tahu tentang saya dan saya ingin memberi mereka semua jawaban, tetapi melelahkan dan menyusahkan untuk melakukan itu.”

Bobby menjelaskan bahwa yang paling sulit baginya adalah ketika dia harus berpura-pura di depan publik, seperti ketika dia harus tersenyum ketika dia tidak mau. Dia kemudian mengungkapkan bahwa dia sama sekali tidak puas dengan gaya hidupnya.

“Saya ingin beristirahat tetapi saya tidak bisa tidur karena saya harus memenuhi harapan banyak orang. Meskipun saya tidak puas dengan gaya hidup ini, saya harus menjalaninya.”

Setiap grup pastinya memilki kisah perjuangan yang pahit. Faktanya, membentuk tim yang hebat tidak pernah mudah. Sungguh luar biasa melihat iKON tetap bertahan selama 8 tahun di industri K-Pop yang sangat kompetitif. Bagaimana menurutmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak