facebook

BTS Jadi Artis Pertama yang Puncaki Chart Oricon Jepang dengan 10 Album!

Shinta Ci
BTS Jadi Artis Pertama yang Puncaki Chart Oricon Jepang dengan 10 Album!
Potret BTS (Soompi)

Sekali lagi, BTS telah membuat sejarah Oricon di Jepang. Pada Rabu (22/06/2022) Soompi melaporkan bahwa Oricon telah resmi mengumumkan bahwa BTS telah menduduki puncak chart album mingguan terbaru karena album antologi baru mereka 'Proof' berhasil mencapai penjualan minggu pertama tertinggi dari album mana pun yang dirilis di Jepang pada minggu ini.

Album 'Proof' secara mengesankan telah terjual sebanyak 514.000 eksemplar di Jepang dari tanggal 13-19 Juni, 2022 dan pihak Oricon menyatakan, “Penjualan minggu pertama 'Proof,' [yang terjual] 514.000 eksemplar, telah menetapkan rekor penjualan tertinggi di chart album mingguan kami.”

'Proof' tidak hanya meraih penjualan tertinggi di Jepang untuk minggu ini, tetapi album antologi BTS tersebut juga mencapai penjualan kelima tertinggi dalam sejarah Oricon, hanya dikalahkan oleh album 'The Ones' Mariah Carey, album 'VALENTI; dari BoA, album 'BTS, THE BEST' dan 'Map of the Soul 7: The Journey' milik BTS sendiri

Selain itu, BTS kini menjadi artis asing pertama dalam sejarah yang menduduki puncak chart mingguan Oricon dengan 10 album berbeda, memperpanjang rekor mereka sendiri sebagai artis yang albumnya paling banyak menembus peringkat No. 1 di Jepang.

10 album tersebut adalah:

  • Proof
  • BE
  • BTS, THE BEST
  • Map of The Soul: 7
  • Map of The Soul 7: The Journey
  • Map of The Soul: Persona
  • Love Yourself: Answer
  • Love Yourself: Tear
  • Love Yourself: Her
  • Wings

Oricon Entertainment Inc. didirikan pada tahun 1999 lalu. Itu adalah salah perusahaan media yang selama ini telah memberikan data dan informasi statistik tentang industri musik, terutama di Jepang.

Pada awalnya, Oricon dikenal sebagai Original Confidence Inc. (Kabushiki-gaisha Orijinaru Konfidensu), yang dibentuk oleh Soko Koike pada November 1967 sebagai anak perusahaan dari Original Confidence. Media ini kemudian menjadi terkenal karena selalu memberikan tangga musik yang aktual.

Media tersebut kemudian berubah naman menjadi Oricon Entertainment Inc. pada April 2002. Grafik chart Oricon diambil dari data dari sekitar 39.700 gerai ritel musik resmi di Jepang (per April 2011) untuk memberikan peringkat penjualan CD musik ataupun DVD secara akurat.

Tidak hanya itu, seriap minggunya mereka juga menghitung penjualan lagu dan album di Jepang. Hasil peringkat chart diumumkan setiap hari Selasa dan diterbitkan di Oricon Style, anak perusahaan Oricon Entertainment Inc.

Selamat kepada BTS atas rekor baru mereka!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak