facebook

Biaya Iklan Setiap Member BTS Diperkirakan Capai Rp 5,7 Triliun!

Shinta Ci
Biaya Iklan Setiap Member BTS Diperkirakan Capai Rp 5,7 Triliun!
BTS. (Soompi)

Biaya iklan setiap para anggota BTS diperkirakan mencapai triliunan. Pada Sabtu (02/07/2022) Naver News melaporkan bahwa biaya kontrak iklan dengan BTS untuk kontrak 1 tahun telah menembus angka sekitar 5 Miliar Won atau Rp 57,9 Miliar. Ini mencatatkan sebagai harga tertinggi dalam sejarah.

Dan rata-rata kontrak iklan BTS dengan brand-brand ternama adalah sekitar 2-3 tahun. Itu artinya, diperkirakan setiap anggota BTS bisa meraup keuntungan sebesar 500 Miliar Won atau Rp 5,7 Triliun dari satu kontrak iklan saja. Memang sangat mahal jika ingin membuat kontrak iklan dengan BTS, namun sepertinya itu sepadan.

Ambil contoh brand McDonald's yang membuat kontrak iklan dengan ketujuh anggota BTS pada 2020 lalu. Semua orang menyerbu BTS Meal hingga terjual 1,45 juta unit di Korea saja. Saat itu, media Koreaherald bahkan merinci jika McDonald's Korea telah menembus anggka penjualan sebesar 867,9 Miliar Won atau sekitar 9,8 Triliun Rupiah.

McDonald's Korea mencatat penjualan gabungan pada tahun itu meningkat pesat, bahkan toko dan waralaba kecil mereka juha meraih keuntungungan hingga 1 Triliun Won atau Rp 11,3 Triliun Rupiah. Ini merupakan rekor penjualan tertinggi sejak toko pertama McDonald's dibuka dan memasuki pasar domestik Korea pada tahun 1988 lalu.

BTS juga menunjukkan pengaruhnya yang kuat saat menjadi duta brand global untuk Hyundai Motors'Palisade pada tahun 2018 lalu. Karena dukungan BTS, Hyundai menerima volume pesanan 2 kali lipat untuk Palisade. Pengaruh BTS yang kuat tentu saja tidak bisa terlepas dari komunitas penggemar mereka yang besar dan sangat terorganisir, yang dikenal sebagai ARMY (Adorable Representative MC for Youth).

ARMY setiap tahunnya aktif membali album fisik hingga digital BTS, melakukan voting dan menulis surat kepada DJ radio untuk memutarkan lagu-lagu BTS. Itu semua membuat grup tersebut menerima banyak penghargaan termasuk 43 penghargaan Mnet Asian Music Awards, 34 penghargaan Melon Music Awards, 28 penghargaan Golden Disc Awards, 23 penghargaan Seoul Music Awards, 27 pengghargaan Gaon Chart Music Awards, 12 penghargaan Billboard Music Awards, dan 9 penghargaan  American Music Awards.

Setiap anggota grup ini yaitu RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook juga masu dalam daftar 25 orang paling berpengaruh di internet versi majalah Time dari tahun 2017 hingga 2019.

Dengan semua itu, tidak heran jika biaya kontrak iklan BTS mencapai triliunan. Selamat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak