alexametrics

Makan Mie Instan Malam Hari Bikin Wajah Jadi Bengap, Ini Alasannya

Novita Edy
Makan Mie Instan Malam Hari Bikin Wajah Jadi Bengap, Ini Alasannya
Ilustrasi mie instan (Pixabay/digitalphotolinds)

Saat lapar melanda di malam hari, maka terkadang pilihan paling mudah adalah memasak mie instan dan memakannya agar kenyang dan bisa tidur nyenyak. Namun efek samping setelahnya baru tampak pagi hari saat bangun, yakni wajah yang tampak bengap atau bengkak.

Kondisi ini jelas mengganggu penampilan, apalagi jika kamu harus terburu-buru sekolah atau kerja. Nah, apa ya yang menyebabkan wajah terlihat bengkak saat bangun pagi, usai malamnya kita mengonsumsi mie instan? Ini penjelasannya:

Merujuk laman SF Gate, penyebab utamanya adalah kandungan sodium pada mie instan yang tinggi. Bahan tersebutlah yang jadi biang kerok penyebab penumpukan cairan di wajah. Namun kondisi tersebut tidak berlangsung lama sih, karena seiring kamu melakukan aktifitas lagi, maka pembengkakan tersebut akan kembali kempes.

Jika malam hari kita mengonsumsi makanan tinggi sodium, saat tidur terjadi retensi cairan di beberapa bagian tubuh. Bahan kimia sodium tersebut menyerap air sehingga membuat bagian wajah dan juga bagian tubuh lainnya, menumpuk cairan.

Tubuh kita sendiri sebenarnya juga membutuhkan sodium, sebagai pengatur tekanan darah dan melancarkan fungsi tubuh lainnya. Sodium sebenarnya termasuk dalam golongan perasa asin atau garam. Berbeda dengan garam dapur, namun sama-sama mengandung klorida. Nah, sodium dan klorida dibutuhkan untuk melancarkan proses pencernaan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang dibutuhkan.

Agar tidak terjadi penumpukan sodium, potassium dalam tubuh, maka dibutuhkan peran organ ginjal untuk menyeimbangkannya. Saat kadar sodium tinggi, maka ginjal mengatur agar kadar air dalam tubuh cukup banyak, sehingga di beberapa bagian tubuh terlihat seperti bengkak, padahal itu adalah air yang dipasok ke pembuluh darah untuk mengencerkan sodium.

Untuk mencegah pembengkakan wajah karena retensi cairan, tentu caranya adalah tidak terlalu sering makan mie instan malam hari. Atau jika terpaksa, kurangi saja porsi bumbunya yang banyak mengandung sodium.

Konsumsi makanan yang mampu menurunkan kadar sodium seperti alpukat, pisang, yogurt, kentang, juga bayam dan salmon adalah cara lainnya. Berolahraga saat pagi, dan mandi air panas adalah cara lainnya yang dapat dicoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak