alexametrics

Khasiat Bumbu Dapur di Tengah Pandemi Covid-19

Agung
Khasiat Bumbu Dapur di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi Bumbu dapur (pixabay)

Bumbu dapur atau rempah yang biasa dipakai memasak ternyata juga punya khasiat baik. Salah satunya menjaga imunitas di tengah pandemi Covid-19.

Ancaman virus corona masih sangat tinggi. Berdasarkan beberapa sumber bahkan varian baru telah muncul dengan penyebaran yang lebih cepat dan lebih masif lagi.

Tubuh yang sehat serta imun yang kuat dibutuhkan untuk menghalau serangan Covid-19 ini. Makan-makanan sehat, olahraga teratur, hingga istirahat yang cukup menjadi cara untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap virus yang sangat mengancam.

Makanan seperti buah-buahan serta sayur yang tinggi begitu disarankan oleh para ahli untuk dikonsumsi. Bahkan kita tidak sadari bumbu-dapur yang sering kita jumpai atau bahkan sering kita pakai untuk mencapur masakan mempunyai khasiat yang cukup luar biasa untuk dapat menjaga imun kita di tengah pandemi ini. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Jahe

Ilustrasi jahe. (Pixabay/jmexclusives)
Ilustrasi jahe. (Pixabay/jmexclusives)

Jahe dikenal sebagai bahan makanan dalam bentuk rempah yang memiliki fungsi antiinflamasi, antijamur bahkan kandungan antikanker. Pada pengobatan tradisional, jahe memang kerap kali digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit seperti batuk dan flu, hidung tersumbat, asthma, kembung bahkan depresi.

Jahe bisa dikonsumsi dengan berbagai cara yang tentunya juga mudah untuk diolah. Salah satunya dengan teh jahe atau jahe yang dihaluskan kemudian diseduh dengan air hangat dan diminum segera airnya.

Jahe juga bisa ditambahkan dengan rempah lainnya untuk membuat hasilnya jadi lebih efektif. Misalnya dengan gula merah yang juga diketahui bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

2. Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih (pixabay)
Ilustrasi bawang putih (pixabay)

Bawang putih punya kandungan antioksidan alami yang begitu aktif. Bawang putih diketahui dapat membantu meredakan stres serta tekanan darah tinggi.

Ukuran bawang putih yang kecil ternyata mengandung tiamin atau vitamin B1 yang begitu banyak. Selain untuk memperkuat imunitas, konsumsi bawang putih secara rutin juga diketahui dapat mencegah penyakit beri-beri.

Menambahkan cincangan bawang putih dalam setiap masakan menjadi cara terbaik untuk mengonsumsi karena efeknya akan lebih efektif juga bawang putih terpapar oksigen. Konsumsi bawang putih secara rutin juga merupakan hal yang mudah karena hampir di seluruh hidangan bawang putih digunakan menjadi bumbu dasar

3. Sereh atau Serai

Ilustrasi sereh (Shutterstock)
Ilustrasi sereh (Shutterstock)

Sereh memiliki manfaat salah satunya adalah untuk menurunkan demam. Selain itu, sereh juga bisa mencegah terjadinya flu dan hidung tersumbat.

Serai juga diandalkan sebagai antijamur, antibakteri, antiinflamasi, antidepresan hingga antioksidan. Selain itu, serai juga bisa mengatasi depresi, mengontrol tekanan dan dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Nah itu beberapa bumbu dapur yang barangkali berguna untuk menjaga imun tubuh. Kamu suka yang mana?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak