alexametrics

6 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Sehari-hari Menurut dr. Zaidul Akbar

Wildan
6 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Sehari-hari Menurut dr. Zaidul Akbar
Zaidul Akbar. (suara.com)

Meskipun masa-masa pandemi Covid-19 ini adalah mungkin masa terberat bagi generasi kita, tetapi kalau kita berpikir positif selalu ada hikmah dibalik setiap musibah. Di masa kini, orang-orang semakin aware dengan kesehatan. 

Makanan menjadi hal yang tidak boleh disepelekan bila menyangkut masalah kesehatan. Semakin sehat apa yang kita konsumsi, semakin baik pula tubuh kita. Apa yang ditanam, itu pula yang kita panen. 

Nah, untuk itu, ada tips dari dr. Zaidul Akbar yang perlu diperhatikan soal makanan. Beliau menyaranakn 6 makanan yang seyogyanya ada dalam list konsumsi kita sehari-hari. 

1. Madu

Madu bisa dikatakan sebagai suplemen sehat yang perlu dikonsumsi sehari-hari. Kandungan yang ada dalam madu bisa menjadi penguat dan menyehatkan organ tubuh. 

Lalu bagaimana kriteria madu yang baik? Mengingat seringkali madu yang kita temukan lebih banyak campuran gula. 

Menurut Zaidul Akbar, madu yang baik itu madu yang jelas produsennya, siapa yang mengambil/budidaya, dan jelas kandungannya. 

2. Kurma

Menurut Zaidul Akbar, kurma baik dikonsumsi tidak hanya selama bulan Ramadhan. Di luar Ramadhan kurma bisa dijadikan konsumsi camilan yang jauh lebih baik kandungannya dibandingkan camilan semisal gorengan. 

3. Rempah

Zaidul Akbar menjelaskan bahwa rempah, apa pun bentuknya, baik untuk konsumsi sehari-hari. 

Contoh dari rempah adalah kayu manis, cengkeh, pala, ketumbar, kapulaga dan sebagainya. Konsumsi rempah bisa dicampur dengan minuman semisal teh ataupun bisa diminum sendiri dengan air mendidih. 

Bicara soal minuman, Zaidul Akbar menjelaskan bahwa lebih baik minum teh atau jenis minuman lain tidak menggunakan gula tebu, tetapi gula dari aren, kelapa, singkong dan sebagainya. 

4. Rimpang

Orang-orang seringkali sulit membedakan antara rempah dan rimpang. Ini dua jenis yang berbeda menurut Zaidul Akbar. 

Rimpang itu adalah tanaman yang batangnya ada di tanah. Contoh rimpang yaitu jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, dan sebagainya. 

5. Probiotik

Zaidul Akbar menjelaskan bahwa probiotik adalah makanan fermentasi. Contohnya adalah tempe.

Kaitannya dengan tempe, Katanya ia bisa dibuat tidak hanya dari biji kedelai saja. Dari biji rambutan juga bisa. 

6. Prebiotik dan asam amino

Makanan yang mengandung banyak prebiotik adalah sayur dan buah. Zaidul Akbar menyarankan buah manggis untuk konsumsi sehari-hari karena kandungannya yang baik dan banyak mengandung serat dan prebiotik. 

Untuk asam amino, Zaidul Akbar menyarankan air kelapa karena kandungannya yang mirip dengan kandungan asam amino dalam tubuh. 

Itulah dia makanan-makanan yang menurut Zaidul Akbar perlu dikonsumsi sehari-hari. Dengan membiasakan konsumsi makanan ini, tubuh kita akan semakin meningkat imun dan semakin sehat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak