alexametrics

Manfaat Centella Asiatica dan Niacinamide dalam Produk Skincare, Serupa Tapi Tak Sama

Carissa
Manfaat Centella Asiatica dan Niacinamide dalam Produk Skincare, Serupa Tapi Tak Sama
ilustrasi komposisi skincare (pixabay).

Centella asiatica dan Niacinamide merupakan kandungan yang terdapat dalam produk kecantikan. Keduanya saat ini sedang banyak dibicarakan dalam kalangan masyarakat, khususnya para beauty vlogger dan penggemar produk kecantikan atau skincare.

Hal itu terjadi karena banyaknya produk-produk kecantikan, mulai dari brand lokal maupun luar negeri, yang mengandung centella asiatica dan niacinamide. Lantas, sebenarnya apa centella asiatica dan niacinamide?

Menyadur Kompas, centella asiatica atau yang biasa disebut sebagai daun pegagan di Indonesia, adalah daun yang telah dipakai untuk pengobatan tradisional selama ratusan tahun, dan sudah teruji ilmiah untuk pengobatan. Daun pegagan bisa kita temui di rawa-rawa dan termasuk kategori tanaman yang mudah tumbuh. Meskipun demikian, centella asiatica memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Disadur dari Alodokter, centella asiatica memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit kita yaitu:

1.  Menjaga kelembapan kulit

Ekstrak yang dimiliki oleh daun pegagan bisa meningkatkan kadar minyak alami kulit, sehingga kelembapan dan elastisitas kulit bisa terjaga. Selain itu, kandungan saponin yang terdapat dalam daun pegagan ini juga mampu mempertahankan air pada kulit lebih lama dan mencegah penguapan air.

2. Mengurangi peradangan

Kandungan saponin juga bisa memberikan perlindungan pada kulit, serta meredakan iritasi dengan menghambat sel-sel pemicu munculnya peradangan.

3. Mencegah dan mengurangi kerusakan kulit

Daun pegagan ini kaya akan antikosidan, bisa mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang mengakibatkan penuaan dini pada kulit.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan terpenoid yang ada dalam daun pegagan ini mampu mempercepat penyembuhan luka, termasuk yang akibat terbakar. Hal ini karena ada kandungan zat aktif yang meningkatkan produksi kolagen, serta menunjang pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru.

5. Mencegah stretch marks dan mengurangi selulit

Seperti yang kita ketahui, munculnya stretch marks dan selulit menjadi masalah penampilan, dan dialami oleh orang yang mengalami kenaikan berat badan dalam waktu cepat, salah satunya adalah ibu hamil.

Ekstrak centella asiatica dapat mengurangi stretch marks apabila dioleskan pada bagian tubuh yang terdapat selulit. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya stretch marks selama kehamilan dan pubertas. Tetapi hasil penelitian ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak dari daun pegagan kurang efektif untuk memudarkan stretch marks yang telah terbentuk.

Sama seperti centella asiatica, niacinamide juga popular dikalangan beauty vlogger maupun penggemar skincare. Menyadur dari SehatQ, niacinamide adalah bentuk dari vitamin B3. Kandungan niacinamide dalam produk perawatan kulit dan wajah dikenal memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dimiliki kulit wajah.

Manfaat yang diberikan niacinamide terhadap wajah yaitu:

1. Melembapkan kulit wajah

Terbukti bahwa niacinamide mampu membantu membangun lapisan penghalang lemak (ceramide), sehingga kelembapan kulit tetap terjaga, tanpa memandang jenis kulit wajah (berminyak, kering, kombinasi). Khususnya lagi untuk pemilik kulit yang sudah menua atau memiliki eskim. Selain itu, juga berfungsi membangun protein pada kulit, serta mengunci kelembapannya agar mencegah kerusakan akibat lingkungan.

2. Mengobati jerawat

Selanjutnya, niacinamide memiliki fungsi untuk membantu mengobati semua jenis jerawat, termasuk jerawat meradang, sampai jerawat parah, seperti jerawat papula dan pustula. Pengunaan secara rutin dapat membantu dalam meredakan jerawat, sehingga bekasnya dan tekstur kulit menjadi lebih baik.

3. Mengatasi peradangan kulit

Artinya, niacinamide dapat membantu untuk mengatasi masalah kulit meradang, seperti noda bekas jerawat kemerahan atau kecoklatan,, hingga eskim.

4. Mengatasi noda hitam bekas jerawat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa penelitian menemukan bahwa niacinamide 5 persen dalam produk skincare bisa digunakan untuk obat penghilang bekas jerawat. Hal ini diyakini karena meningkatnya produksi kolagen.

5.  Mengurangi kerutan dan garis halus

Penggunaan niacinamide 5 persen bisa membantu mengurangi tanda-tanda yang muncul akibat kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Meskipun keduanya sama-sama sedang booming dibicarakan dan memiliki manfaat yang mirip, namun tetap ada manfaat dan fokus utama dari kandungannya. Hal itu yang menjadi pembeda antara centella asiatica dan niacinamide.

Referensi:

  • Kompas.com
  • Alodokter
  • Sehatq.com

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak