alexametrics

5 Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan Tubuh

Joko
5 Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan Tubuh

Di beberapa negara Asia, daun mint sering digunakan sebagai bumbu masakan. Tidak heran, karena bahan alami ini bukan hanya bisa membuat makanan jadi lebih lezat saja. 

Selain itu juga, daun mint mempunyai khasiat tinggi menjaga kesehatan tubuh. Beberapa jenis penyakit bisa dicegah melalui daun dengan aroma sedap dan wangi tersebut.

1. Mengobati pilek dan gangguan pernafasan lainnya

Daun mint memiliki kemampuan tinggi untuk menghambat pertumbuhan jamur atau bakteri dalam tubuh. Hal itu mengurangi risiko terjadinya pilek, flu, infeksi sinus, dan gangguan pernafasan lainnya.

Jika ingin memanfaatkan sebagai ramuan obat penyakit tersebut, masukan beberapa lembar daun mint ke dalam air panas. Setelah itu, hisap uap yang berasal dari air tersebut. Selain itu, bisa pula meremas daun ini hingga keluar airnya, lalu dioleskan pada kapas dan dihirup.

Apabila ada minyak mint, dapat pula memakai teknik lain dengan cara mengoleskan pada saluran hidung dan dada. Tak lama kemudian, nafas yang sebelumnya terasa sesak menjadi normal kembali.

2. Membantu mengobati iritasi usus

Ketika terkena serangan iritasi usus, bisa disembuhkan dengan cara mengunyah daun mint secara langsung. Kemudian apabila perut terasa mual dan kembung, apabila rajin mengkonsumsi daun mint, dapat membantu melancarkan kinerja organ tersebut. Sebab semua gas yang mengumpul dalam organ tersebut bisa keluar dari dalam tubuh.

3. Mencegah kanker usus besar

Banyak hasil penelitian yang menunjukan bahwa daun mint merupakan ramuan yang sangat mujarab untuk mencegah kanker usus besar. Kandungan vitamin A, C, hingga beta karoten yang terdapat dalam daun ini memiliki khasiat tinggi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu juga mampu menghambat pertumbuhan tumor.

4. Menyembuhkan sakit kepala

Selama ini sangat mudah menemukan obat sakit kepala di toko obat atau apotik. Tapi apabila ingin memakai cara alami, gunakan daun mint untuk membantu mengobati gangguan kesehatan tersebut. Oleskan beberapa tetes minyak daun mint pada tengkuk dan pelipis kiri - kanan. Setelah itu pusing akan segera hilang.  

5. Merawat kesehatan kulit

Bagi siapa saja yang ingin merawat kulitnya agar selalu sehat dan cerah, bisa memilih daun mint sebagai ramuan utama. Daun yang kaya kandungan vitamin A ini sangat bagus untuk mengobati jerawat, kulit kasar, iritasi hingga terkena gigitan lebah atau nyamuk.

Sedangkan kandungan salisilattnya, bermanfaat untuk meremajakann kulit sekaligus membantu melancarkan proses regenerasi kulit. Karena itu jangan heran jika banyak produsen kosmetik dan perawatan kecantikan yang memasukan daun mint sebagai salah satu bahannya.

Itulah beberapa manfaat daun mint. Semoga informasi ini bisa memberi manfaat bagi semua.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak