alexametrics

5 Manfaat Konsumsi Ikan Halibut, Bagus untuk Kesehatan Jantung

Mia
5 Manfaat Konsumsi Ikan Halibut, Bagus untuk Kesehatan Jantung
olahan ikan halibut (pexels.com)

Ikan halibut atau di Indonesia kerap disebut ikan sebelah, merupakan ikan perairan laut yang hidup di Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Ikan yang termasuk ke dalam flatfish ini memiliki 3 jenis, yaitu ikan Halibut Atlantik, Pasifik, dan Greenland.

Ikan ini memiliki daging berwarna putih yang dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Selain dapat diolah mejadi berbagai makanan yang lezat, halibut juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini manfaat konsumsi ikan halibut seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Menjaga kesehatan jantung

Ikan halibut kaya akan selenium, setiap porsinya mengandung 100% dari kebutuhan selenium harian. Tubuh kita memang memerlukan selenium dalam jumlah yang sedikit tetapi mineral ini mempunyai fungsi penting dalam menjaga kesehatan jantung. Selenium menjaga kesehatan jantung dengan melawan radikal bebas dan mencegah inflamasi jantung.

2. Mencegah diabetes

Ikan halibut mengandung magnesium yang dapat mencegah diabetes. Setiap 100 gram ikan halibut mengandung 23 mg magnesium. Disadur Healthline, magnesium berfungsi untuk meregulasi kadar gula dalam darah. Tetapi penderita diabetes tipe 2 perlu berhati-hati karena magnesium juga dapat meningkatkan resiko hypoglycemia.

3. Mencegah osteoporosis

Kekurangan fosfor dapat menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Fosfor memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan mineralisasi tulang. Setiap porsi ikan halibut mengandung fosfor dalam jumlah tinggi yang dapat memenuhi 45% dari kebutuhan fosfor harian kita.

4. Memacu pertumbuhan dan kesehatan otak

Konsumsi ikan halibut baik untuk kesehatan otak karena ikan ini tinggi kandungan vitamin B6. Vitamin B6 berfungsi untuk memacu pertumbuhan otak pada anak-anak dan menjaga kesehatan otak bagi orang dewasa. Vitamin B6 juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif kita.

5. Dapat menjaga kesehatan kulit

Satu porsi ikan halibut mampu memenuhi 57% kebutuhan niacin harian tubuh kita. Niacin diketahui dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Selain itu niacin juga mencegah kulit kita terhindar dari kanker kulit tipe tertentu.

Nah, itulah 5 manfaat ikan halibut bagi kesehatan yang ternyata banyak sekali mulai dari menjaga kesehatan jantung sampai kulit. Yuk cobain!

Sumber:

academic.oup.com, everydayhealth, healthline, msc, medicalnewstoday, nutraingredients, verywellfit, wildpacifichalibut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak