alexametrics

Sulit Menolak Permintaan Tolong? Berikut 5 Ciri People Pleaser Menurut Ahli

Funcrev Id
Sulit Menolak Permintaan Tolong? Berikut 5 Ciri People Pleaser Menurut Ahli
Ilustrasi people pleaser. [Unsplash]

Banyak orang masih sering merasa kesulitan saat hendak menolak permintaan tolong dari seseorang. Padahal biasanya orang tersebut juga masih memiliki hal penting yang harus dilakukan. Orang seperti ini biasanya akan sangat merasa bersalah saat menolak permintaan tolong. 

Apakah kamu juga? Tahukah kamu bahwa orang seperti ini disebut sebagai people pleaser. Orang seperti ini cenderung akan lebih mementingkan kepentingan orang lain di atas kepentingan sendiri. 

Seorang people pleaser akan merasa takut dan bersalah ketika menolaknya begitu saja. Untuk menghindari hal tersebut, people pleaser akan selalu mencari cara dengan menerima setiap permintaan tolong dari orang lain, yang sebenarnya hal tersebut dapat merusak diri mereka sendiri. Mereka akan takut mengekspresikan perasaan mereka karena tidak mau dianggap bersalah. 

Mengutip dari materi yang disampaikan oleh Psikolog sekaligus Mental Health Promoter, @sadardiri.id, Ahmad Zain Fahmi, S.Psi dalam acara kelas online bertajuk "Are you a people pleaser?" yang diselenggarakan oleh YourSay, Rabu (15/9/2021), berikut beberapa tanda bahwa seseorang bisa dikategorikan sebagai people pleaser.

1. Kepentingan orang lain masih di atas kepentingan pribadi

Ciri pertama yang paling bisa dilihat dari seseorang people pleaser adalah kurangnya kemampuan untuk menolak sebuah permintaan tolong. Bahkan, jika hal itu ada di atas kepentingan dirinya sendiri. Jika terus dibiarkan hal ini bisa menjadi hal yang justru merugikan.

Satu dua kali menolong mungkin tidak masalah namun jika bahkan sampai mengorbankan diri sendiri hal itu harus segera dihentikan. Jika tidak begitu mendesak, menolak permintaan tolong rasanya bukan sesuatu yang harus kamu pikirkan terlalu dalam. Untuk itu kamu juga harus bisa membedakan mana yang begitu urgent maupun sebaliknya.

2. Belum begitu paham prioritas diri

Tak jarang juga orang yang selalu menyetujui setiap permintaan hanya karena dirinya belum benar-benar paham akan dirinya sendiri. Menetapkan prioritas adalah hal yang seharusnya dilakukan oleh setiap orang. 

Tentukan mana yang paling penting untuk kamu dan penting untuk selalu mempertimbangkan apa saja dampak yang mungkin terjadi jika kamu lakukan hal tersebut.

3. Sering labil tak berpendirian

Masih sering ikut-ikutan juga bisa jadi gejala buruk bagi seseorang. Hal ini dapat berakibat pada mudahnya pikiran seseorang untuk dipengaruhi. People pleaser cenderung mengarah ke orang yang sangat mudah mengikuti keinginan tanpa memikirkan bagaimana dampak yang akan ditimbulkan kepadanya.

Fenomena seperti ini biasanya sering kali muncul di kalangan anak muda. Takut dianggap aneh atau ketinggalan, mereka biasanya sampai rela menuruti semua yang orang lain inginkan.

4. Sering meminta maaf

Jika bukan salah kamu, sebaiknya tidak perlu harus meminta maaf sampai sedemikian rupa. Kalau benar-benar tidak dapat menyanggupi, cukup katakan maaf dengan sewajarnya saja. 

Terlalu sering meminta maaf pada kesalahan yang sebenarnya bukan benar-benar salah kamu justru akan membuat kamu terlihat mudah untuk dimanfaatkan. Alhasil orang lain akan lebih sering meminta tolong kepada kamu yang biasanya hal tersebut justru memberatkan untuk dirimu sendiri.

5. Cenderung menilai diri sendiri kurang

Rasa ingin menjadi setara juga dapat menjadi penyebab seseorang dikatakan sebagai people pleaser. Di usia remaja, seseorang biasanya akan berusaha untuk menjadi sama seperti kelompok atau orang yang dikaguminya. Tak jarang mereka yang melakukan berbagai hal hanya karena menganggap dirinya selalu kurang dan tidak bisa dianggap setara.

Perlu diingat setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu tidak perlu harus mengikuti apa yang orang lain inginkan hanya karena kamu membutuhkan sebuah pengakuan. Menjadi sama boleh saja, namun tidak selalu harus terus sama karena kamu juga memiliki keunikan tersendiri.

Berhentilah menyetujui setiap permintaan jika memang hal tersebut tidak urgent dan kamu keberatan untuk melakukannya. Lakukan penolakan dengan halus dan jadikan dirimu sebagai pribadi yang memiliki pendirian adalah hal yang dapat kamu lakukan untuk terhindar dari istilah people pleaser.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak