alexametrics

Yuk Penuhi Nutrisi Anjing Kesayanganmu, Inilah Bahan-bahan Makanannya!

Ina Barina
Yuk Penuhi Nutrisi Anjing Kesayanganmu, Inilah Bahan-bahan Makanannya!
Ilustrasi Sayang Anjing. (Pixabay)

Bagi kamu yang hobi memelihara anjing, tentunya nggak mau dong hewan kesayanganmu sakit karena kekurangan nutrisi? Nah, mulai sekarang kamu harus lebih memperhatikan nih kandungan apa saja dalam makanan yang akan kamu berikan untuk anjing kesayanganmu.

Sebab, nutrisi dalam makanannya akan sangat memengaruhi kesehatannya, pertumbuhan tinggi dan berat badannya, kekuatan otot, struktur tulang bahkan pada keindahan bulunya juga loh. Jadi, mulai sekarang kamu harus tahu nutrisi apa saja yang anjing kesayanganmu butuhkan. Yuk simak informasinya!

1. Daging

Nah, ini nih. Makanan anjing dengan bahan baku daging mampu memenuhi kebutuhan proteinnya loh. Protein ini menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting dikonsumsi anjing kesayanganmu untuk regenerasi sel, menjaga kesehatan organ, meningkatkan pertumbuhan rambutnya, dan ini merupakan kebutuhan utama bagi hewan karnivora seperti anjing.

2. Karbohidrat dari biji-bijian

Seperti manusia, karbohidrat juga merupakan sumber energi bagi anjing loh. Karbohidrat ini bisa didapatkan dari sumber makanan biji-bijian seperti beras, jagung, gandum dan kentang. Selain jadi sumber energi, karbohidrat ini mampu melancarkan sistem pencernaan dari anjing kesayanganmu. Namun, dalam memberi biji-bijian juga harus memperhatikan takaran. Ketika biji-bijian seperti gandum atau jagung porsinya harus lebih sedikit daripada bahan utamanya yaitu daging.

3. Lemak

Lemak sebenarnya menjadi salah satu bahan makanan yang seharusnya dihindari, tapi tenang saja. Dengan takaran yang tepat, lemak dapat sangat bermanfaat untuk sel dan kelancaran pencernaan. Disisi lain, lemak pun bisa jadi sumber energi juga loh. Serta dapat membantu penyerapan vitamin (A, D, E, K). Tapi ingat ya, atur takarannya. Jangan sampai anjing kesayanganmu jadi menderita obesitas karena kamu terlalu banyak memberinya makanan dengan kandungan lemak berlebih.

4. Vitamin

Vitamin adalah satu nutrisi pasti yang dibutuhkan, karena dapat membantu proses metabolisme, pencernaan dan sistem kekebalan tubuh anjing. Selain itu, vitamin juga bisa menjaga saraf dan sel darah agar tetap sehat. Utamanya, vitamin B lah yang paling dibutuhkan anjing. Selain vitamin B, vitamin A dan E juga diperlukan nih untuk peliharaan kesayanganmu ini. Telur bisa jadi alternatifmu untuk memberi makan anjing karena merupakan sumber vitamin yang baik.

5. Mineral dan nutrisi Lainnya

Mineral yang penting untuk anjing adalah kalsium, kalium, natrium, magnesium, besi, seng dan lain sebagainya. Mineral-mineral itu dapat memberikan anjing tulang dan gigi yang sehat secara struktural.

Nah, itu dia bahan-bahan makanan yang harus kamu perhatikan terkandung dalam makanan yang kamu sajikan untuk anjing kesayanganmu. Jangan sampai peliharaan kesayanganmu kekurangan nutrisi dan jadi sakit. Jadi, perhatikan asupan nutrisinya ya!

Sumber informasi:

halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak