alexametrics

Manfaat Jus Mengkudu, Ampuh Atasi Hipertensi!

Ina Barina
Manfaat Jus Mengkudu, Ampuh Atasi Hipertensi!
Ilustrasi Buah Mengkudu. (Pixabay/braico)

Buah mengkudu dikenal sebagai buah yang kaya manfaat dan sering dijadikan obat tradisional untuk berbagai permasalahan kesehatan tubuh. Meskipun rasanya sangat pahit dan aromanya yang tidak sedap, mengkudu sering diolah menjadi jus dengan tambahan buah-buah lainnya untuk menetralisir rasa pahit dan aroma tidak sedapnya.

Jus mengkudu merupakan salah satu jenis minuman tropis yang biasanya banyak tersedia di kawasan Asia Tenggara. Masyarakat di Polinesia, salah satu tempat penghasil mengkudu terbesar di dunia percaya bahwa mengkudu dapat dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

Mereka membuktikannya dengan menjadikan mengkudu sebagai salah satu pengobatan tradisional selama lebih dari 2000 tahun. Mengkudu diklaim bisa mengobati berbagai masalah kesehatan seperti sembelit, infeksi, nyeri dan radang sendi.

Nah, kira-kira apa saja sih yang terkandung dalam mengkudu sehingga baik untuk dijadikan obat? Dalam 100 mililiter jus mengkudu, kamu bisa mendapatkan 47 kalori, 11 gram karbohidrat, kurang dari 1 gram protein dan lemak, 8 gram gula, 33 persen Referensi Asupan Harian (RDI) untuk Vitamin C, 17 persen dari RDI untuk Biotin, 6 persen dari RDI untuk Folat, 4 persen dari RDI untuk magnesium, 3 persen dari RDI untuk Kalium, Kalsium dan Vitamin E.

Dengan begitu banyak kandungan dimana sebagian besarnya merupakan nutrisi yang baik bagi tubuh, apa saja manfaat dari jus mengkudu? Yuk simak melalui informasi dibawah ini:

1. Mengatasi hipertensi

Berbagai penelitian telah membuktikan, bahwa jus mengkudu yang rutin dikonsumsi setiap hari selama satu bulan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat ini diperolah karena kandungan zat scopoletin dan xeronin yang ada dalam buah mengkudu.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lainnya dari jus mengkudu adalah membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam mengkudu yang mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah aterosklerosis yang artinya mampu menjaga kesehatan jantung.

3. Mengobati radang sendi

Jus mengkudu yang rutin dikonsumsi setiap hari selama 3 bulan mampu membantu penyembuhan untuk para penderita radang sendi. Hal ini dikarenakan jus mengkudu memiliki zat antiradang dan menjadi pereda nyeri alami yang ampuh.

4. Menstabilkan gula darah

Bagi penderita diabetes, mengkudu bisa jadi alternatif penyembuhan dalam mengstabilkan kadar gula. Buah mengkudu diduga bisa meningkat kinerja insulin dalam mengatur gula darah dan mencegah terjadinya insulin.

Nah, itu dia manfaat-manfaat bagi kamu yang mau dan rutin mengonsumsi jus mengkudu. Mungkin rasanya memang pahit dan aromanya tidak enak, tetapi ternyata mempunyai banyak manfaat loh. Rasa pahitnya tidak akan sebanding dengan manfaat yang diberikan untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Jadi, jangan ragu untuk hidup lebih sehat!

Sumber informasi:

halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak