alexametrics

5 Manfaat Daun Mint, Atasi Berbagai Masalah Kesehatan

Ina Barina
5 Manfaat Daun Mint, Atasi Berbagai Masalah Kesehatan
Ilustrasi Daun Mint (Pixabay)

Daun mint dikenal sebagai salah satu daun herba yang sering dicampurkan ke makanan atau minuman karena memiliki cita rasa khas. Selain punya cita rasa yang khas, ternyata daun mint punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh loh. Mulai dari mengatasi gangguan pencernaan hingga meningkatkan sistem imun.

Berikut ini manfaat daun mint bagi kesehatan tubuh, seperti dirangkum dari halodoc.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Minyak mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang ternyata ampuh meredakan gangguan pencernaan. Daun herba ini mampu membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat dengan merangsang enzim pencernaan. Selain itu, daun mint juga sering dimanfaatkan sebagai obat anti-spasmodik karena kandungan metanolnya.

2. Meredakan Sindrom Iritasi Usus Besar

Sindrom iritasi usus besar merupakan gangguan umum pada sistem pencernaan yang menyebabkan sakit perut, sembelit, diare, perut kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.

Daun mint bisa jadi solusi untukmu. Khasiat daun mint yang ada dalam minyak mint dikenal mengandung senyawa mentol yang mampu memberikan efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Daun mint ternyata merupakan daun herba yang kaya akan fosfor, kalsium, dan vitamin seperti C, D, E, dan A, yang tentunya baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di mana dengan mengonsumsi daun mint, dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, termasuk mampu mengurasi risiko penyakit kronis. Jika dikonsumsi secara rutin, daun mint akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatanmu.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Aroma khas yang dimiliki daun mint ternyata mampu memberikan pengaruh pada kesehatan otak. Ketika kamu menghirup aroma minyak esensial dari daun herba ini, mampu memberikan manfaat kesehatan berupa meningkatkan fungsi otak.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian yang menyatakan bahwa menghirup aroma minyak daun mint selama lima menit mampu meningkatkan memori secara signifikan. Selain itu, aroma minyak tersebut juga mampu menimbulkan sensasi menyegarkan dan mengurasi rasa lelahmu.

5. Menurunkan Berat Badan

Selain punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, daun mint juga bisa membantumu mengurangi berat badan dengan cara yang lebih sehat. Hal ini dikarenakan manfaat daun mint mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan meningkatkan metabolisme untuk menurunkan berat badan. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa mengosumsi daun mint dalam sajian teh.

Nah itu tadi manfaat daun mint bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui. Di masa pandemi ini, rutin mengonsumsi daun mint bisa menjadi alternatifmu menjaga imun tubuh agar terhindar dari virus.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak