alexametrics

Mengenal Manfaat Kopi, Bisa Cegah Stres!

Ina Barina
Mengenal Manfaat Kopi, Bisa Cegah Stres!
Ilustrasi Secangkir Kopi. (pixabay)

Minum kopi saat ini identik menjadi lifestyle dari kebanyakan orang, terutama di kalangan para pekerja. Selain menjadi lifestyle, kopi dipercaya mampu membantu seseorang berkonsentrasi saat bekerja. Jadi, tentunya tidak heran ketika setiap kantor kebanyakan menyediakan stok kopi untuk para pekerjanya.

Kopi memang dikenal menjadi salah satu andalan terbaik untuk mengawali hari karena dampak baik yang diberikan kopi untuk menjalani rutinitas seseorang. Dilansir Halodoc, secangkir kopi di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih baik. Itu alasannya, minum kopi sebelum kerja sangat bermanfaat. Khususnya untuk meningkatkan konsentrasi hingga mencegah stres bekerja.

Berikut merupakan beberapa manfaat minum kopi sebelum bekerja atau pagi hari:

1. Meningkatkan konsentrasi

Saat bekerja, seseorang memerlukan konsentrasi penuh untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Secangkir kopi diklaim mampu membantumu meningkatkan konsentrasi sehingga pekerjaanmu akan lebih mudah terselesaikan.

Perlu diketahui, banyak faktor seperti jenuh, susah berkonsentrasi atau faktor lainnya yang mampu menghambat pekerjaanmu. Dengan mengonsumsi kopi, kamu bisa memperbaiki suasana hatimu sekaligus meningkatkan konsentrasimu dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Menahan kantuk

Cuaca panas, tubuh lelah, dan suasana kantor yang monoton terkadang mampu mendatangkan rasa kantuk pada pekerja. Jika sudah mengantuk, pekerjaan jelas akan sulit diselesaikan dengan cepat dan tepat. Nah, untuk menghindari kekacauan tersebut, lebih baik kamu sempatkan untuk menyeduh secangkir kopi terlebih dahulu. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantumu tetap terjaga dan terhindar dari rasa kantuk.

3. Menjaga stamina

Jika tubuh sedang kelelahan dan lemas, tentunya akan sangat mengganggu pekerjaan seseorang. Kamu pasti akan merasa tidak nyaman dan merasa kehilangan semangat untuk bekerja. Nah, ternyata rasa dan aroma dari secangkir kopi bisa membantumu atasi masalah itu lho.

Mengonsumsi kopi akan membantumu menjaga stamina sehingga kamu akan terlihat lebih bersemangat dalam bekerja. Selain tadinya kafein dalam kopi diklaim mampu menahan rasa kantuk, kafein juga dapat meningkatkan adrenalin dalam darah yang akan langsung berpengaruh pada stamina tubuhmu.

4. Mengurangi rasa sakit

Ketika pekerjaanmu merupakan pekerjaan lapangan yang menggunakan banyak kekuatan fisik, tentunya badanmu akan terasa sedikit sakit ataupun pegal-pegal baik saat bekerja ataupun setelah bekerja. Nah, untuk mengurangi rasa sakit dan pegal itu kamu bisa mengonsumsi kopi. Dua gelas kopi mampu menghilangkan 40 persen rasa sakit pada otot tubuh.

5. Mengurangi risiko encok

Ketika pekerjaanmu mengharuskanmu untuk duduk dengan durasi yang lama, biasanya kamu akan berisiko menderita encok. Untuk mengurangi risiko encok, kopi dapat membantumu. Hal tersebut telah dibuktikan melalui suatu penelitian dimana mereka yang mengonsumsi kopi memiliki risiko encok yang lebih ringan dibandingkan yang tidak mengonsumsi kopi.

6. Mencegah stres

Ketika kamu sedang pusing karena kerjaan banyak dan deadline mengejar, kopi mampu membantumu terhindar dari stres dan depresi. Hal ini dikarenakan kandungan antidepresan dalam kopi yang bisa menjaga suasana hatimu agar lebih seimbang, sehingga mampu menghindari stres dan depresi. Ketika, stres ataupun depresi menjadi hambatan besar untukmu berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

Nah, itu tadi beberapa manfaat kopi jika diminum sebelum ataupun saat bekerja. Meskipun begitu, kamu juga harus perhatikan batas aman mengonsumsi kopi ya. Apalagi, untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit yang rentan terhadap kandungan-kandungan dalam kopi.

Sumber informasi :

Halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak