facebook

Mengenal Fakta Buah Parijoto, Punya Manfaat Kesehatan

Ina Barina
Mengenal Fakta Buah Parijoto, Punya Manfaat Kesehatan
Ilustrasi Wnita Menjaga Kecantikan Kulit.

Buah parijoto mungkin terdengar asing bagi kebanyakan orang. Buah parijoto merupakan buah berukuran kecil dan berbentuk bulat, yang tumbuh secara berkelompok pada batang tebal dan berserat.

Buah ini memiliki warna merah muda saat belum matang dan warna keunguan ketika sudah matang. Buah parijoto sendiri merupakan buah yang renyah untuk dikunyah, lembut dengan perpaduan rasa asam dan manis.

Meskipun asing, parijoto yang memiliki kemiripan dengan anggur ini ternyata sering digunakan sebagai pengobatan herbal. Buah parijoto biasanya digunakan untuk meningkatkan kesuburan wanita dalam program hamil yang dilakukan secara alami.

Berikut merupakan fakta-fakta mengenai buah parijoto yang mungkin perlu kamu ketahui:

1. Buah parijoto tumbuh di Indonesia

Menurut sejarah, buah parijoto tumbuh di daerah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Buah ini biasanya tumbuh subur pada ketinggian 800 sampai 2.300 mdpl dan di wilayah hutan tropis. Kamu bisa dengan mudah menemukan buah ini di Gunung Andong dan Gunung Muria. Mulai dikenal, buah parijoto pun menyabar sampai Kalimantan dan Filipina dan disebut sebagai anggur Asia.

2. Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Ekstrak buah parijoto yang terdiri dari flavonoid diklaim sebagai sumber antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak buah parijoto layak dijadikan bahan produksi hand and body lotion, bahkan tabir surya. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid mampu mencegah efek berbahaya akibat paparan sinar ultraviolet terhadap kulit.

3. Mampu tingkatkan kesuburan wanita

Ini merupakan khasiat yang paling diunggulkan dari buah parijoto, dimana buah ini diklaim mampu memberikan nutrisi yang baik bagi wanita yang sedang program hamil. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang ada dalam buah parijoto, seperti tannin, flavonoid, dan saponin.

4. Bisa digunakan sebagai obat sariawan

Tumbukan buah parijoto yang digunakan untuk berkumur diklaim mampu menjadi obat mujarab untuk sariawan. Caranya cukup mengambil 4-6 gram buah parijoto, cuci bersih, tumbuk hingga halus dan larutkan ke dalam 100 mililiter air mineral. Jika sudah, kamu cukup kumur-kumur sebanyak dua kali sehari menggunakan larutan itu dan sariawanmu akan segera hilang.

5. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan flavonoid dalam buah parijoto memiliki potensi menurunkan kadar gula darah. Ini bisa menjadi salah satu pengobatan herbal untuk para pengidap diabetes. Meskipun, masih dibutuhkan penelitian mendalam mengenai kepastikan khasiat buah parijoto yang satu ini.

Itulah fakta-fakta mengenai buah parijoto yang jarang diketahui orang-orang. Ternyata, buah mungil ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan kita. Asal mengonsumsi dengan porsi yang tepat, tentunya buah ini mampu membantumu menyelesaikan berbagai masalah kesehatan, termasuk membantumu menjaga kesehatan kulit.

Sumber informasi :

Halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak