alexametrics

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Penting Dilakukan Secara Rutin

Desyta Rina Marta Guritno
Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Penting Dilakukan Secara Rutin
Ilustrasi Gigi Sehat. (Pixabay)

Untuk menjaga tubuh tetap sehat tidak hanya dengan menjaga anggota tubuh tertentu saja, semuanya dimulai dari menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut kita.

Bayangkan jika gigi Anda sedang sakit atau bibir Anda sariawan atau juga gusi Anda bengkak, apa yang terjadi? Pasti Anda tidak bersemangat melakukan aktivitas karena rasa sakit itu bukan? Jangankan beraktivitas, untuk makan dan berbicara saja sudah terasa sakit dan tidak nyaman.

Untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, langkah pertama yang paling sederhana yang biasa kita lakukan adalah menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Menggosok gigi idealnya dilakukan saat pagi hari dan sebelum tidur. Namun, itu saja tidak cukup, ada beberapa cara lain yang digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Apa saja?

1. Menggunakan obat kumur

Mengutip dari laman Alodokter, obat kumur yang mengandung thymol, menthol, eucalyptol, dan methyl salicylate efektif membersihkan gigi dan mulut dari plak dan sisa makanan, selain itu kandungan tersebut juga dapat menghambat tumbuhnya kuman dalam mulut.

2. Tidak menyikat gigi terlalu keras

Meskipun tujuan Anda baik yakni membersihkan gigi dari kotoran, namun jangan menyikatnya terlalu keras. Mengutip dari laman Hellosehat, menyikat gigi terlalu keras dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis, jika hal tersebut terjadi maka gigi Anda menjadi lebih sensitif. Menyikat gigi yang benar adalah dengan lembut dan gerakan memutar.

3. Menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride

Mengutip dari laman Alodokter, kandungan fluoride yang terdapat dalam pasta gigi dapat membantu mencegah terjadinya gigi berlubang, selain itu fluoride juga mampu memperkuat lapisan email pada gigi. Gigi berlubang disebabkan oleh zat asam yang dikeluarkan oleh mulut untuk mengolah karbohidrat yang kita konsumsi, zat asam tersebut bisa mengikis mineral pada email atau lapisan luar gigi.

Itulah 3 cara sederhana yang dapat Anda lakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, dengan begitu artinya kita sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak