alexametrics

5 Manfaat Rutin Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi Hari

🌸🌸Lily 🌸🌸
5 Manfaat Rutin Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi Hari
ilustrasi minum air putih (pexels/Daria Shevtsova)

Minum air putih hangat setiap pagi ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan dan kebugaran tubuh. Menurut homefitnesslife, sebuah studi menunjukkan bahwa minum air putih hangat setiap pagi dapat mempercepat penurunan berat badan. Segelas air putih panas atau hangat, sebelum atau sesudah makan, akan meningkatkan pencernaan dan menghangatkan saluran usus, sehingga mampu mengurangi konstipasi.

Berikut ini manfaat minum air putih hangat setiap pagi.

1. Mencegah penuaan dini

ilustrasi wanita muda (pexels/àm Tng Quân)
ilustrasi wanita muda (pexels/àm Tng Quân)

Setiap orang pasti ingin selalu terlihat awet muda. Namun tanpa kita sadari, racun dalam tubuh akibat pola hidup tidak sehat dapat menyebabkan penuaan dini. Ketika tubuh menumpuk racun, maka kita akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Ternyata, air putih hangat dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh. Selain itu, air putih hangat juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit dan memengaruhi elastisitas kulit.

2. Meringankan rasa sakit dan kram saat menstruasi

ilustrasi nyeri perut (pexels/rawpixel.com)
ilustrasi nyeri perut (pexels/rawpixel.com)

Air putih hangat juga mampu mengurangi rasa sakit dari kram perut yang muncul saat menstruasi. Efek kehangatannya dapat melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid.

Selain itu, air hangat memang bisa jadi obat yang efektif untuk semua jenis kram. Hal ini karena air hangat mampu meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu mengendurkan otot-otot dalam tubuh.

3. Memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh

ilustrasi minum air putih (pexels/Daria Shevtsova)
ilustrasi minum air putih (pexels/Daria Shevtsova)

Segelas air hangat di pagi hari ternyata dapat merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuh mencerna makanan dengan baik. Saat air hangat mengalir menuju usus, ini seperti proses pelumasan untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang tertimbun.

Sedangkan jika kita memilih minum air dingin, yang terjadi justru akan memadatkan minyak dan lemak. Hal ini akan membuat pencernaan bekerja lebih sulit. Maka, ada baiknya mulai sekarang kita mengganti segelas air dingin dengan air hangat setelah makan.

4. Membantu menurunkan berat badan

ilustrasi diet (pexels/rawpixel.com)
ilustrasi diet (pexels/rawpixel.com)

Air putih hangat terbukti mampu meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme. Peningkatan aktivitas metabolik inilah yang nantinya akan membakar lebih banyak kalori.

Jika kita memulai hari dengan minum segelas air putih hangat, terlebih ditambah dengan lemon, maka akan membantu tubuh memecah jaringan lemak. Selain itu, air hangat dan lemon akan juga akan mengontrol keinginan makan, hingga diet pun bukan lagi wacana. 

5. Meredakan hidung tersumbat

ilustrasi sakit flu (pixabay/4330009)
ilustrasi sakit flu (pixabay/4330009)

Saat flu melanda, hal yang paling menyebalkan adalah kesulitan bernafas karena hidung tersumbat. Jangan khawatir, cobalah ambil segelas air hangat yang masih mengeluarkan uap panas. Uap tersebut yang dapat dihirup lewat hidung dapat meredakan hidung tersumbat dan juga melegakan pernafasan.

Nah, itu tadi kelima manfaat rutin minum air putih hangat setiap pagi. Sudahkan kamu memulai rutinitasmu pagi ini dengan minum air putih hangat? Yuk, biasakan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak