alexametrics

Cegah Jerawat hingga Wajah Kusam, Ini 4 Manfaat Rutin Melakukan Eksfoliasi Wajah

Desyta Rina Marta Guritno
Cegah Jerawat hingga Wajah Kusam, Ini 4 Manfaat Rutin Melakukan Eksfoliasi Wajah
Ilustrasi seseorang yang sedang eksfoliasi wajah (Pixabay) / office469

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang harus dirawat untuk mempertahankan kesehatannya atau sebagai penunjang penampilan, agar meningkatkan kepercayaan diri, setuju?  Berbagai macam jenis perawatan wajah dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Dengan begitu, kepercayaan diri dapat meningkat dan dari kepercayaan diri inilah seseorang dapat tampil lebih menarik. Salah satu jenis perawatan wajah yang penting untuk menunjang kesehatan kulit wajah adalah eksfoliasi.

Mungkin beberapa di antara kalian ada yang sudah mendengar istilah ini sebelumnya. Nah, sebenarnya apa sih eksfoliasi? Mengutip dari laman Alodokter, eksfoliasi wajah merupakan jenis perawatan yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati juga kotoran yang menempel di kulit wajah.

Lalu, seberapa sering kita harus melakukan eksfoliasi wajah? Hal ini bergantung pada jenis kulit masing-masing orang. Mengutip dari laman Hellosehat, untuk jenis kulit kering/sensitif disarankan melakukannya 1-2 kali seminggu, untuk jenis kulit berminyak disarankan 2-3 kali seminggu, dan untuk kulit kombinasi juga disarankan sebanyak 2-3 kali seminggu.

Eksfoliasi wajah memiliki banyak manfaat, terlebih kalau kamu rutin melakukannya. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita cari tahu di bawah ini.

1. Mencegah Jerawat

Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin kamu dapat mencegah terjadinya jerawat. Hal ini dikarenakan proses eksfoliasi membuat kulit menjadi lebih bersih dan kadar minyak menurun, maka pori-pori jadi tidak tersumbat dan tidak menimbulkan jerawat.

2. Sel Kulit Beregerenasi

Saat proses eksfoliasi kulit kita akan melakukan regenerasi sel, proses ini akan membuat kulit wajah lebih sehat dan mengurangi tanda penuaan.

3. Skincare Bekerja Lebih Optimal

Siapa di sini yang hobi atau rutin memakai skincare? Nah, dengan melakukan eksfoliasi ini, maka akan membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajahmu sehingga skincare yang kamu pakai akan terserap secara lebih optimal.

4. Wajah Tidak Kusam

Suka kesel gak sih kalau lihat wajah kita jadi kusam? Kulit kusam tersebut bisa saja disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati yag tidak dibersihkan. Dengan melakukan eksfoliasi secara berkala, wajahmu akan lebih bersih dan cerah.

Nah, itulah keempat manfaat eksfoliasi wajah. Jangan lupa, sebelum melakukan eksfoliasi, kamu harus mengetahui cara dan bahan apa yang cocok digunakan untuk jenis wajahmu. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan eksfoliasi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak