alexametrics

4 Cara Meredakan Nyeri Haid, Bisa Dilakukan di Rumah

Sunatus Solikhah
4 Cara Meredakan Nyeri Haid, Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi Nyeri Haid (Pixabay/Nastya Gepp)

Berbagai cara dilakukan oleh para wanita untuk meredakan nyeri haid. Merasakan nyeri pra atau hari pertama haid tentunya sangat mengganggu aktivitas. Apakah kamu juga mengalaminya? 

Setiap wanita merasakan nyeri yang berbeda-beda. Ada yang biasa saja, sementara sebagian lain merasakan sakit hingga tidak tertahankan, bahkan sampai pingsan dan tidak sadarkan diri.

Menyadur dari Lifepack, penyebab dari nyeri ketika menstruasi dipicu oleh peningkatan produksi hormon prostaglandin. Peningkatan ini membuat kontraksi semakin kuat dan menyebabkan nyeri.

Kamu bisa mengatasi nyeri haid secara mandiri di rumah dengan cara aman tanpa obat kimia lho. Berikut 4 cara meredakan nyeri haid yang bisa coba kamu lakukan.

1. Minum Air Putih

Pada saat haid, cairan dalam tubuh lebih banyak berkurang dibandingkan hari biasa. Jadi, kamu harus lebih banyak minum air putih ketika sedang mengalami menstruasi agar tidak dehidrasi.

Kekurangan cairan akan membuat tubuh terasa lebih lemas dan mudah lelah. Selain itu, kamu juga bisa minum air hangat. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih ya ketika sedang haid.

2. Minum Jamu Kunyit

Cara berikutnya adalah minum jamu kunyit. Disadur dari Halodoc, kunyit memiliki kandungan kurkumin yang membuatnya dapat mengatasi nyeri haid. Jamu kunyit bisa dibuat sendiri di rumah.

Caranya sangat mudah, siapkan kunyit secukupnya, bersihkan dari kulitnya lalu haluskan. Kemudian peras menggunakan air hangat, tambahkan sedikit garam untuk mengurangi rasa getirnya.

3. Kompres Menggunakan Air Hangat

Rasa nyeri haid bisa diredakan dengan mengkompres bagian yang sakit. Biasanya sakit terjadi di perut bagian bawah. Gunakan botol yang sudah diisikan air hangat untuk mengkompresnya.

Jika tidak ada botol berisi air hangat, kamu bisa menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Perut yang terasa kram akan lebih rileks setelahnya.

4. Istirahat

Cara terakhir yang sebaiknya kamu lakukan adalah istirahat. Jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas apalagi berat. Bukannya meredakan malah bisa membuat semakin sakit.

Istirahat ini akan semakin mempercepat penyembuhan nyeri haid. Jadi, jangan melakukan aktivitas berat dulu kalau sedang nyeri haid, supaya rasa sakitnya bisa segera teratasi.

Nah, itulah 4 cara meredakan nyeri haid yang bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah. Namun, kalau ternyata sakitnya tidak kunjung mereda hingga berhari-hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Takutnya ada penyakit lain yang menyertai nyeri haid tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak