alexametrics

4 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Keza Felice
4 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Jarang Disadari
Ilustrasi buah naga (Pixabay)

Selain harganya terjangkau, buah naga juga mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang dapat membantu mencegah berbagai jenis penyakit. Buah naga menjadi salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh mayarakat. Buah ini juga mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun supermarket. 

Kandungan air yang melimpah dan rasanya yang manis membuat buah berwarna merah pekat ini ramai diburu. Selain itu, buah naga juga mempunyai tekstur yang lembut, sehingga dapat dinikmati oleh setiap orang. Tidak hanya bisa memanjakan lidah, tapi buah naga juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti beberapa manfaat yang Alodokter dan Hallosehat telah rangkum ini.

1. Memelihara Kesehatan Tulang

Diketahui di dalam buah naga terdapat kandungan kalsium, di mana kalsium memang diperlukan oleh tubuh untuk memelihara kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh otot, organ, dan saraf dalam tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Oleh sebab itulah, mengonsumsi buah naga dipercaya dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium harian untuk tubuh Anda. 

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah naga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga meningkatkan kolesterol baik sehingga ini akan membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung Anda. Hal tersebut diperoleh karena adanya kandungan betalain, likopen, dan juga serat yang terdapat dalam buah naga. Bahkan, biji yang ada pada bagian daging buah naga juga kaya akan lemak omega-3 dan omega-9. Keduanya berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung sehingga mampu membantu mencegah terserang penyakit jantung.

3. Mencegah Anemia

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin diketahui mampu membantu mencegah terjadinya anemia. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya. Zat besi adalah salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan dalam proses produksi sel darah merah.

Apabila tubuh kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah dalam tubuh akan terganggu sehingga Anda berisiko mengalami gangguan anemia. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah naga merah, kebutuhan zat besi dalam tubuh akan tetap terjaga.

4. Mencegah Terjadinya Migrain

Vitamin B3 dan vitamin B2 adalah salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, buah naga dipercaya mempunyai kedua kandungan tersebut yang dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit, seperti katarak, penyakit jantung, preeklamsia, dan migrain. Memenuhi kandungan vitamin B untuk tubuh tentu akan berdampak baik untuk kesehatan Anda.

Itulah empat manfaat buah naga untuk kesehatan yang jarang disadari. Meskipun buah naga mempunyai banyak manfaat, tetapi Anda tidak bisa hanya mengandalkan buah yang satu ini untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda harus tetap menerapkan pola hidup sehat dan mengelola stres dengan baik. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak