facebook

4 Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Sakit Jantung hingga Saraf

Ilfi Novia
4 Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Sakit Jantung hingga Saraf
Ilustrasi aneka buah dan sayur yang mengandung antioksidan (pixabay.com)

Antioksidan adalah salah satu zat yang dapat melawan kerusakan sel tubuh kita akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah zat yang terbentuk secara alami selama kita berolahraga dan saat makanan kita diubah menjadi energi. Zat-zat ini bisa juga kita temui dari luar tubuh seperti, asap rokok, pestisida, polusi, dan obat-obatan, lho. Oleh karena itu, banyaknya zat radikal bebas yang bisa kita jumpai sehingga tubuh kita membutuhkan antioksidan untuk melawan zat-zat tersebut.

Tahu kah kalian, agar tubuh terhindar dari dampak negatif yang disebabkan oleh radikal bebas, kita membutuhkan antioksidan dalam makanan sehari-hari. Sebab, antioksidan bekerja sama dengan elektron sehingga tubuh kita dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, manfaat antioksidan lainnya juga sangat penting dan beragam untuk tubuh kita, di antaranya:

1. Mencegah penyakit jantung

Sebagian besar dari kita mungkin belum mengetahui ternyata dalam teh hijau terkadang zat antioksidan yang dikenal dengan polifenol. Ternyata polifenol ini dapat berfungsi untuk mencegah penyakit jantung.

Selain itu, polifenol juga dapat mencegah oksidasi lemak, sehingga iritasi internal yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes dapat kita cegah. Ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang mungkin memiliki faktor risiko penyakit jantung yang tinggi.

2. Meningkatkan kesehatan mata, kulit, dan memori

Tahu kah kalian, antioksidan dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan memori kita, lho. Antioksidan juga dapat kita digunakan sebagai jenis perawatan kulit yang sangat efektif karena membantu untuk mengatasi dan melawan kerusakan pada sel-sel kulit akibat radikal bebas. Dengan begitu, kandungan antioksidan tersebut dapat mencegah kita dari penuaan pada kulit.

3. Menjaga sistem imun dan daya tahan tubuh

Selain menjaga kesehatan kulit, antioksidan juga mampu meningkatkan fungsi sistem dan daya tahan tubuh agar bekerja dengan lebih baik. Kandungan dalam antioksidan tersebut berupa gluthatione, yang dapat menetralkan radikal bebas menjadi bentuk yang tidak berbahaya bagi tubuh kita. Hingga akhirnya radikal bebas akan dikeluarkan oleh tubuh melalui sistem detoksifikasi.

4. Mencegah penyakit saraf

Ternyata, antioksidan juga memiliki manfaat untuk menetralkan peradangan saraf yang rusak akibat radikal bebas. Antioksidan mampu menyembuhkan gejala yang berhubungan dengan kecemasan dan depresi, lho.

Setelah mengetahui beragam manfaat dari antioksidan pada tubuh kita, kita lebih baik untuk mengonsumsi antioksidan yang lebih banyak sehingga kita mendapatkan manfaat yang kebih maksimal. Sumber antioksidan dapat kita temui pada makanan dan minuman alami seperti mangga, bayam, buah stroberi, teh dan kopi, cokelat hitam, makanan laut, serta biji-bijian.

Selain sumber antioksidan alami, kita juga bisa mengonsumsi antioksidan dalam bentuk suplemen, lho. Untuk memperoleh manfaat antioksidan dengan baik dari sumber yang alami, kita bisa mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan antioksidan secara teratur. Namun, jika ingin mengonsumsi dalam bentuk suplemen, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Semoga bermanfaat! 

Referensi

  1. Werdhasari, A. (2014). "Peran Antioksidan Bagi Kesehatan." Jurnal Biotek Medisiana Indonesia, 3(2), 59–68.
  2. Hani, R. C., & Milanda, T. (2016). REVIEW: MANFAAT ANTIOKSIDAN PADA TANAMAN BUAH DI INDONESIA. Farmaka, 14(1), 184–190.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak