facebook

Bukan Pertanda Mistis, Ini Alasan Mengapa Mata Berkedut

Elly Putri Aulia
Bukan Pertanda Mistis, Ini Alasan Mengapa Mata Berkedut
Ilustrasi mata milia. (Elements Envato)

Apakah kalian tahu bahwa terdapat banyak mitos mengenai tentang arti dari kedutan mata? Seperti kedutan pada kelopak mata kanan atas, tandanya kalian akan memperoleh keberuntungan. Sedangkan apabila terdapat kedutan pada kelopak mata kanan bawah, tandanya akan bersedih.

Jika kalian mengalami kedutan pada kelopak mata kiri atas, artinya kalian akan bertemu dengan orang yang istimewa. Kedutan pada kelopak kiri bawah, artinya kurang menyenangkan lantaran kalian akan bersedih. Dan masih banyak lagi. 

Apa itu kedutan mata? 

Secara medis, kedutan mata atau disebut myokymia adalah gerakan otot mata yang berulang dan tidak dikendalikan secara sadar. Kedutan mata umumnya terjadi pada kelopak mata atas tetapi mampu juga terjadi dalam bagian bawah. 

Kebanyakan kedutan mata terjadi tanpa sebab dan sembuh dengan sendirinya. Meskipun, pada beberapa perkara bisa terjadi selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Apabila terjadi terus-menerus, kedutan ini bisa dicurigai menjadi tanda-tanda kelainan saraf yang menyangkut kelopak mata, misalnya blepharospasm atau hemifacial spasm. 

Walaupun acapkali terjadi tanpa diketahui penyebabnya, namun beberapa yang diduga menjadi penyebab telah diidentifikasi misalnya iritasi mata, mata lelah atau kering, kelelahan, kurang tidur, efek samping obat, dan stres. Selain itu, kedutan juga dapat terjadi karena kurang nutrisi, seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, dan vitamin B12.

Konsumsi alkohol, rokok, atau kafein juga dapat menjadi pemicu kedutan mata, bahkan dapat berlangsung hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Jika kedutan mata terjadi cukup lama, bisa jadi tanda-tanda dari penyakit yang lebih serius, misalnya Bell’s palsy, keadaan dimana 1/2 paras menjadi lumpuh, Parkinson’s, penyakit saraf yang biasa terjadi pada lansia yang mengakibatkan gerakan otot yang tidak terkendali atau Dystonia, kondisi yang mengakibatkan kedutan otot dalam bagian tubuh tersebut . 

Bagaimana kalian apakah kalian mempercayai mitos tentang arti berdasarkan kedutan mata?

Referensi:

Carstensen, J. (2002). Mata. Jakarta: Elex Media Komputindo. Fitri, R. (2020). Efektivitas EFT untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Penyakit Degeneratif pada Lansia Ditinjau dari Dukungan Sosial. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), https-doi.

Lubis, Nanda. (2021). Kedutan Mata Kanan Kiri Atas Bawah Ini Kata Medis dan Mitos. https://pasgabut.com/kedutan-mata/ (diakses pada 29 Desember 2021)  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak