facebook

Perokok Pasif Wajib Tahu, Ini 4 Tips Membersihkan Paru-Paru

Rosi be faro
Perokok Pasif Wajib Tahu, Ini 4 Tips Membersihkan Paru-Paru
Ilustrasi menghirup udara segar (pexels/fathoor)

Merokok sudah menjadi kebiasaan banyak kalangan. Meski berbahaya, nyatanya masih banyak orang yang merokok dan tidak takut dengan berbagai macam penyakit yang mengancam jiwa. Mulai dari penyakit jantung, impotensi, gangguan kehamilan, kanker, serta penyakit paru-paru. Bukan hanya berbahaya bagi individunya saja, melainkan merokok juga merugikan orang-orang yang ada disekitar. Asap yang dikeluarkan dari sebatang rokok akan menyebar dan terhirup oleh perokok pasif. Tentu hal ini akan membahayakan bagi banyak orang.

Sepatutnya perokok aktif harus tahu kondisi dan sebaiknya lebih memilih menjauh jika ingin merokok, karena disebagian tempat juga telah disediakan area ruangan khusus perokok.

Namun jika Anda sebagai perokok pasif sudah terlanjur terpapar oleh asap rokok, sebaiknya Anda harus lebih menjaga kesehatan terutama kesehatan paru-paru. Berikut merangkung dari hellosehat, empat cara membersihkan paru-paru bagi perokok pasif.

1. Rajin olahraga

Rajin berolahraga akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, termasuk menyehatkan bagi sistem pernapasan. Ketika Anda berolahraga, paru-paru akan dilatih untuk bekerja secara maksimal, baik saat mengirup oksigen maupun saat mengeluarkan karbondioksida.

2. Menjaga kebersihan udara di rumah

Semua tempat yang ada di rumah harus selalu bersih, utamanya udara yang ada disetiap ruangan. Jangan sampai ada debu serta kotoran berserakan dimana-mana. Anda harus menerapkan perilaku hidup sehat agar paru-paru anda selalu mendapatkan pasokan udara yang bersih di dalam rumah. Rajin-rajinlah menyapu setiap ruangan yang kotor, serta mengepel lantai dan selalu membersihkan ventilasi, kipas angin serta AC. Jika ada orang yang merokok di dalam rumah, sebaiknya Anda menegur secara halus untuk melarang merokok di rumah.

3. Sering-sering menghirup udara segar

Paru-paru selalu membutuhkan pasokan udara yang bersih agar jaringan di paru-paru dapat bekerja dengan baik. Sehingga Anda diharuskan untuk menghirup udara segar untuk memenuhi pasokan udara yang bersih. Anda bisa pergi ke lahan yang penuh dengan tanaman serta pepohonan hijau, baik itu di sawah ataupun di taman.

4. Perbanyak minum air

Air dibutuhkan manusia untuk menghilangkan dahaga dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, mengkonsumsi air yang cukup juga mampu mengeluarkan racun serta zat-zat berbahaya dalam sel tubuh manusia termasuk racun-racun yang menempel di paru-paru akibat efek paparan asap rokok.

Itulah empat cara untuk membersihkan paru-paru bagi perokok pasif. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak