facebook

3 Makanan Ini Terbukti Membuat Otak Lebih Fokus dan Ampuh Atasi Lemot!

Aufa Hardy
3 Makanan Ini Terbukti Membuat Otak Lebih Fokus dan Ampuh Atasi Lemot!
Ilustrasi orang sedang berpikir (Unsplash/DollarGill)

Kita dituntut untuk menyelesaikan banyak pekerjaan setiap harinya, tetapi apa jadinya jika pikiran kita kelelahan, mudah ngantuk, dan kurang fokus? Ya, kita jadi lemah otak atau biasa disebut lemot

Bagi banyak orang, lemot alias lemah otak ini sangat menganggu terutama ketika lingkungan menuntut kita untuk fokus. Imbasnya, tidak hanya pekerjaan kita yang terhambat, tetapi juga hubungan dengan rekan dan orang lain. Ini jelas bukan masalah sepele! 

Oleh karena itu, bagi kamu yang mengalami gejala-gejala lemot seperti di atas, hellosehat dan beberapa sumber lainnya telah merangkum tiga makanan yang terbukti membantu otak lebih fokus.

Daun Pegagan

Daun pegangan (Wikipedia)
Daun pegangan (Wikipedia)

Daun Pegagan, atau nama ilmiahnya, Centella Asiatica ini umumnya digunakan untuk meningkatkan fungsi kognitif otak. Sekarang telah banyak produk brain booster yang mengandung pegagan, karena selain dapat meningkatkan fungsi kognitif, bahan alami ini juga membantu memperlancar peredaran darah.

Untuk kamu yang lebih suka alami-alami atau herbal, pegagan ini patut dicoba. Oh iya, tidak hanya dalam bentuk kapsul, kini pegagan ada dalam bentuk teh tinggal seduh yang banyak dijual di market place. 

Minyak Ikan

Ilustrasi minyak ikan. (Shutterstock)
Ilustrasi minyak ikan. (Shutterstock)

Kita sering mendengar bahan alami satu ini yang digunakan untuk meningkatkan fungsi otak. Namun, bagaimana cara minyak ikan bekerja di otak kita? 

Mengutip dari HealthLine, asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan memainkan peran penting dalam fungsi dan perkembangan otak. Ada juga klaim bahwa minyak ikan dapat meningkatkan fungsi otak pada orang dengan masalah memori, seperti mereka yang menderita penyakit Alzheimer atau gangguan kognitif lainnya.

Kafein

Ilustrasi kopi. (Pixabay//Kejamy)
Ilustrasi kopi. (Pixabay//Kejamy)

Sudah bukan rahasia lagi kalau kafein sering digunakan untuk membantu berpikir cepat. Kafein terbukti meningkatkan metabolisme energi di seluruh otak dan mengaktifkan neuron noradrenalin yang memproduksi dopamin, hormon yang membuatmu bahagia sehingga tidak mudah stres saat dituntut untuk mengerjakan banyak hal sehari-hari.

Kamu akan merasa lebih terjaga, tidak mudah lelah dan ngantuk, jadi kafein ini sebenarnya adalah bahan umum untuk mengatasi kantuk, sakit kepala, dan migrain. Mengkonsumsi kafein dalam jangka pendek selain dapat meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, kecepatan belajar dan reaksi, secara jangka panjangnya dapat melindungi dirimu dari penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Itu dia tiga makanan yang bisa membuat otak lebih fokus dan terhindar dari lemot. Jangan lupa perhatikan dosis yang tepat jika kamu ingin mencobanya, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak