facebook

3 Kualitas Diri yang Perlu Kamu Tingkatkan Tahun Ini!

Aufa Hardy
3 Kualitas Diri yang Perlu Kamu Tingkatkan Tahun Ini!
Ilustrasi meningkatkan kualitas diri.(Unsplash/ Ben White)

Siapa yang punya goals penting di tahun 2022 dan tidak ingin hanya sekadar wacana seperti tahun-tahun sebelumnya? Jika itu adalah kamu, maka beruntunglah kamu menemukan tulisan ini. 

Memiliki goals yang penting, entah itu besar atau kecil, otomatis akan menuntutmu untuk menyelaraskan diri sesuai impianmu. Ini berarti, kamu harus meningkatkan kualitas dirimu sehingga kamu layak mendapatkan apa yang kamu idamkan. Seperti dikutip dari Life Hack, berikut ini tiga kalitas diri yang perlu kamu tingkatin tahun ini:

1. Kesadaran diri

Seringnya, orang menjalani hidup mereka dengan sistem autopilot selama bertahun-tahun. Tidak banyak merenungkan, ataupun bertanya, jalani saja tanpa banyak pikir seperti itu adalah default yang telah terprogram di pikiran mereka. 

Karena itu strategi yang telah kamu terapkan di masa lalu pun menjadi pengaturan default dirimu. Sehingga kamu secara tidak sadar mempercayai strategi ini ,karena itu telah berhasil di masa lalu dan tidak perlu banyak memikirkan strategi baru untuk masa-masa selanjutnya. 

Namun, kesadaran diri akan membantumu mengenali default yang spontan itu dan mempertanyakannya dalam konteks siapa dirimu sekarang. Kamu akan melihat bahwa beberapa hal yang berhasil di masa lalu tidak lagi sesuai dengan minat terbaikmu sebagai orang dewasa yang sepenuhnya terbentuk.

2. Penerimaan

Seberapa sering dalam sehari kamu mengeluh? Entah kamu mengucapkannya atau menyembunyikannya di dalam hati, intinya sama, itu adalah penolakan.

Seperti kata Carl Jung, "Apa yang kita tolak tetap ada." Artinya, ketika kita membiarkan sesuatu yang terjadi mengganggu kedamaian kita, kita memberikan kekuatan kita kepada sesuatu itu. Baik itu orang yang mungkin membuatmu kesal, masalah lainnya, atau bahkan overthinking di kepalamu. 

Jika kamu hal diluar dirimu memicu reaksi negatif dirimu, maka kamu akan seperti kapal di laut tanpa tenaga mesin. Karena itu, mulai sekarang cobalah untuk menerima sehingga kamu dapat mengandalikan dirimu diatas semua hal yang terjadi. 

3. Mengakui ketidaktahuan

Mengakui apa yang tidak kamu ketahui adalah termasuk dari proses penerimaan untuk mendewasakan dirimu.  Manusia cenderung mencari pengetahuan untuk menghibur diri mereka dan menganggapnya akan memberikan keamanan. Namun, tentu saja, itu hanya mitos. Sebagian besar pengetahuan memang benar, tetapi sebagiannya hanyalah opini.

Karena itu dengan menerima apa yang tidak kita ketahui akan menjadi langkah penting dalam perjalanan kita menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Ini akan membantumu untuk melepaskan stres pada hal yang tidak dapat dikendalikan dan menguatkan imanmu untuk percaya bahwa semua akan baik-baik saja, yang dapat menghilangkan stres dan kecemasan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak