facebook

7 Cara Mengatasi Dehidrasi, Segera Cek!

Rosi be faro
7 Cara Mengatasi Dehidrasi, Segera Cek!
Ilustrasi minum air putih (pexels/fathorr)

Dehidrasi merupakan suatu keadaan dimana tubuh mengalami kekurangan cairan yang sementinya harus dipenuhi. Perlu diketahui bahwa tubuh manusia itu terdiri dari 3/4 air yang terdapat diberbagai organ tubuh manusia mulai dari otot, ginjal, tulang, jantung, maupun di organ paru-paru.

Sehingga asupan cairan tidak boleh berkurang dan harus selalu terjaga. Jika sudah kekurangan cairan maka akan berdampak pada gangguan kesehatan diantaranya mulut kering, keletihan, mata kering, sembelit, serta kulit kering.

Agar hal tersebut tidak terjadi, segera atasi dengan berbagai cara berikut yang merangkum dari hellosehat.

1. Perbanyak minum air putih

Minum air putih sangat ampuh untuk mengatasi kekurangan cairan atau dehidrasi pada tubuh. Bahkan Kementrian Kesehatan telah menyarankan untuk rajin minum paling tidak dua liter perhari.

2.  Konsumsi sayur dan buah kaya air

Selain minum air, cairan juga bisa didapatkan pada kandungan buah-buahan serta sayuran. Banyak aneka buah serta sayuran yang buhan hanya kaya kalori tapi juga mineral yag baik bagi tubuh yang keletihan karena dehidrasi, diantaranya ada buah pir, melon, semangka, timun, selada dan yang lainnya.

3. Minum jus buah kaya air

Cairan memang sangat diperlukan ketika dehidrasi dan minum jus buah yang kaya akan kandungan air mampu mengatasi dehidrasi. Selain segar, jus buah juga mengandung kalori yang baik bagi tubuh. diantaranya ada buah jeruh, apel, nanas, serta anggur.

4. Minum oralit

Oralit merupakan minuman untuk mengembalikan elektrolit yag hilang karena dehidrasi. Selain untuk mengatasi kekurangan cairan. oralit juga mampu mengatasi dehidrasi bagi penderita diare.

5. Konsumsi minuman olahraga bagi atlet

Saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat dan perlu banyak membutuhkan cairan. Sehingga bagi atlet minum air putih merupakan suatu keharusan agar tidak mengalami dehidrasi.

6. Mengurangi asupan kafein

Saat dehidrasi, sebaiknya Anda kurangi asupan yang memiliki kandungan kafein misal teh maupun kopi. Karena kafein memiliki sifat diuretik yang memicu untuk buang air kecil.

7. Pemberian infus

Pemberian infus merupakan langkah terakhir jika kondisi sudah cukup parah dan segera beri penanganan ke pusat kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Itulah tujuh cara mengatasi dehidrasi pada tubuh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak