facebook

5 Tanda Bahwa Pikiranmu sedang Berkabut dan Cara Mengatasinya

Annisa Riski Rajani
5 Tanda Bahwa Pikiranmu sedang Berkabut dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi burnout. [Unsplash/Sebastian Herrmann]

Sebagai manusia, “lupa” itu menjadi hal yang sering tidak sengaja terjadi. Namun, pernahkah Anda merasa bahwa otak Anda benar-benar tidak dapat diajak kerja sama? Kemudian Anda menjadi sangat kesulitan untuk mengingat dan fokus pada suatu hal yang membuat Anda menjadi geram dengan diri sendiri? Hal ini mungkin menunjukkan bahwa otak Anda sedang berkabut atau disebut juga dengan Brain Fog.

Brain Fog adalah kondisi dimana seseorang kesulitan untuk berpikir jernih yang membuat penderita menjadi kesulitan untuk mengingat hal dan berkonsentrasi. Penyebab Brain Fog adalah pengelolaan stres tidak baik, kurang istirahat, hormon tidak stabil, dan kekurangan asupan tertentu. Lantas, apa saja tanda bahwa Anda mengalami Brain Fog? Simak berikut ini:

1.  Sering merasa lelah

Lelah menjadi tanda bahwa tubuh butuh istirahat. Kekurangan waktu istirahat dan kualitas tidur yang tidak baik membuat diri Anda menjadi rentan mengalami stres.

2. Disorientasi

Disorientasi adalah kondisi dimana seseorang merasa bingung dengan dirinya dan lingkungan di sekitarnya. Seseorang akan merasa asing dengan keadaanya sekarang dan merasa bahwa dirinya tidak nyata. Hal yang dapat menggambarkan  disorientasi adalah ketika Anda tidur siang dan kemudian bangun ketika langit sudah gelap. Tubuh dan pikiran Anda akan kebingungan dalam menyesuaikan diri karena suasana yang berubah.

3. Kesulitan berkonsentrasi

Fokus dalam satu hal ketika mengalami Brain Fog menjadi hal yang sulit. Bayangkan benar-benar ada kabut di dalam pikiran Anda dan membuat pikiran Anda yang seharusnya jernih menjadi terhalang. Ketika Anda terlalu sering kesulitan dalam konsentrasi maka bisa jadi Anda mengalami Brain Fog.

4.  Gangguan Memori

Ketika Anda sedang berbicara dengan lawan bicara, ada kalanya Anda tiba-tiba lupa tentang apa yang akan Anda bicarakan. Pikiran langsung kosong atau blank dan Anda sadar akan hal itu sehingga gangguan memori itu akan membuat Anda kebingungan dan linglung.

5. Kebingungan

Dilansir dari Alodokter, kebingungan yang parah disebut dengan Delirium dimana kondisi ini membuat seseorang mengalami penurunan kesadaran terhadap lingkungan sekitar. Kebingunan ini juga dapat disebabkan oleh kurangnya oksigen pada otak. Apabila, Anda kerap mengalami kebingungan maka anda mungkin saja mengalami Brain Fog.

Brain Fog memang terdengar menyeramkan, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan cara:

  • Kelola stres
  • Hindari minuman alkohol,kafein, dan penyalahgunaan obat-obatan
  • Tidur yang cukup
  • Rutin olahraga
  • Konsumsi makanan bergizi kaya akan antioksidan, protein, dan vitamin
  • Jaga fungsi otak dengan senam otak seperti menjawab teka-teki atau bermain puzzle

Sebenarnya, Brain Fog ini sangat umum di masyarakat, tetapi masih kurang banyak yang membicarakan hal ini sehingga tanda atau gejala yang muncul masing sering masyarakat terabaikan. Harapannya, masyarakat dapat lebih terbuka akan kondisi ini sehingga kualitas pikiran, tubuh,dan keseluruhan diri menjadi lebih sehat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak