facebook

4 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Jarang Disadari, Bisa Cegah Kanker!

Keza Felice
4 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan yang Jarang Disadari, Bisa Cegah Kanker!
Manfaat buah pir. Ilustrasi buah pir (Pixabay/kezafelice)

Buah pir mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan yang diperoleh dari adanya kandungan nutrisi di dalamnya. Bukan hanya mengandung banyak serat, buah pir juga diperkaya berbagai kandungan vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, vitamin B, kalium, vitamin K, magnesium, dan juga tembaga. 

Selain itu buah pir masih mempunyai kandungan lain seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, tiamin, energi, vitamin B6, folat, kalsium, dan zat besi.

Dirangkum dari Hellosehat dan Alodokter, berikut ini beberapa manfaat buah pir yang baik bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Adanya kandungan vitamin C dalam buah pir bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Tingginya kadar flavonoid, vitamin K, dan tembaga di dalamnya juga menjadikan buah ini bermanfaat untuk membantu melawan peradangan. Dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih fit serta tidak mudah terserang penyakit.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Buah pir juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan keshatan kulit. Hal ini dikarenakan buah pir mempunyai kandungan vitamin C yang melimpah.

Selain itu kandungan tembaga di dalamnya menjadi nutrisi yang berperan penting untuk pembentukan kolagen. Yang mana hal ini pun berpengaruh terhadap elastisitas kulit.

3. Mencegah Sembelit

Adanya kandungan serat dalam buah pir yang cukup tinggi menjadikan buah ini ampuh untuk mencegah ataupun mengatasi sembelit. Dengan mengonsumsi satu buah pir yang berukuran sedang sama saja telah memenuhi 22 persen kebutuhan serat harian.

Selain itu, buah pir juga mempunyai kandungan sejenis serat yang disebut dengan pektin. Di mana dalam sebuah penelitian di Tiongkok, pemberian pektin sebanyak 24 gram setiap hari selama satu bulan terbukti mampu mendukung pertumbuhan akteri usus dan juga membantu meringankan sembelit.

4. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Kanker

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan buah-buahan seperti pir bisa melindungi tubuh dari berbagai penyait kanker, seperti kanker lambung, kanker kandung kemih, dan kanker paru.

Selain itu, beberapa studi juga menunjukkan bila kandungan flavonoid dalam buah ini juga mampu membantu menurunkan risiko penyakit kanker lainnya, seperti kanker ovarium dan kanker payudara. 

Demikianlah beberapa manfaat buah pir bagi kesehatan. Meskipun mempunyai banyak manfaat, tapi Anda juga harus tetap mengimbanginya dengan mengonsumsi buah-buahan lainnya dan tetap menerapkan pola hidup sehat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak