facebook

Selain Obat, Berikut 4 Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Rosi be faro
Selain Obat, Berikut 4 Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak
Ilustrasi sakit gigi pada anak (freepik/fathorr)

Sakit gigi pada anak merupakan kondisi yang bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan nyeri dibagian gigi yang sakit. Biasanya anak mengalami sakit gigi karena keadaan gigi yang berlubang ataupun gusi yang bengkak.

Hal ini bisa disebabkan karena si anak sangat jarang membersihkan gigi. Kegiatan rutin menggosok gigi pagi setelah sarapan dan juga menjelang tidur yang tidak dijalankan dengan rutin oleh sang anak. Sehingga gigi anak cepat rusak dan berlubang dan anak kemungkinan akan mengalami sakit gigi.

Jika memang demikian, Anda sebagai orangtua bisa memberikan obat alami untuk mengatasi sakit gigi pada Anak, selain aman juga bisa meringankan rasa sakit.

Berikut merangkum dari sehatq, empat cara alami untuk mengatasi sakit gigi pada anak yang aman tentunya.

1. Kompres dingin di pipi bagian gigi yang sakit

Cara yang pertama saat anak mengalami sakit gigi yakni dengan memberinya kompres air dingin pada area gigi yang sakit. Dipercaya bahwa dengan memberikan kompres air dingin bisa meredakan rasa sakit dan nyeri akibat sakit gigi.

Namun bila sakit gigi anak tidak kunjung sembuh, sebaiknya Anda hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, biasanya hal tesebut dikarenakan adanya infeksi pada akar gigi anak.

2. Kumur dengan air hangat

Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan berkumur air hangat. Cara ini merupakan cara alami untuk mengatasi sakit gigi pada anak sejak dahulu. Anda sebagai orangtua bisa membantu anak untuk berkumur secara pelan-pelan dan lakukan sampai terasa mendingan.

3. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Saat anak susah tidur dimalam hari akibat sakit gigi, Anda sebagai orangtua bisa meninggikan posisi kepala anak untuk meringankan sakit giginya. Berdasarkan Healthline, saat posisi kepala anak saat tidur sama atau sejajar dengan badannya, maka akan membuat darah bisa mengumpul di kepala dan bisa membuat rasa nyeri di area gigi akan semakin nyeri.

4. Berkumur dengan air garam

Cara ini hampir sama dengan berkumur dengan air hangat. Anda bisa mencampurkan setengah sendok garam dengan air satu gelas. Lalu aduk dan bantu anak untuk berkumur secara perlahan, namun sebaiknya Anda perhatian jika anak belum bisa berkumur sebaiknya jangan lakukan.

Itulah empat cara alami untuk mengatasi sakit gigi pada anak, namun jika kondisi sakit gigi pada anak belum juga sembuh, sebaiknya Anda konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak