facebook

4 Jenis Kacang Sehat untuk Dijadikan Camilan Sehari-hari, Jangan Salah!

Keza Felice
4 Jenis Kacang Sehat untuk Dijadikan Camilan Sehari-hari, Jangan Salah!
Ilustrasi kacang almond (Pixabay)

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa kacang-kacangan menjadi salah satu jenis makanan dengan sumber nutrisi alami. Bahkan, dalam satu butir kacang mempunyai kandungan berbagai gizi, seperti vitamin, protein, serta mineral yang baik untuk tubuh. Disadur dari Hellosehat, berikut ini beberapa jenis kacang sehat yang baik untuk dijadikan sebagai camilan sehari-hari.

1. Kacang Almond

Adanya kandungan vitamin E, protein, dan serat di dalamnya membuat kacang almond cocok untuk dijadikan camilan sehat kamu. Pada umumnya satu porsi kacang almond mempunyai kandungan gizi seperti 161 kalori; 5,9 gram protein; 14 gram lemak; 0,3 miligram riboflavin; 3,4 gram serat makanan, dan masih banyak lagi. Ada pula studi yang menunjukkan bahwa kacang almond ini merupakan salah satu jenis kacang yang bisa membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Sementara penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of American Collage of Nutrition juga menunjukkan bila dengan mengonsumsi kacang almond secara rutin bisa membantu dalam meningkatkan sesitivitas insulin untuk seseorang dengan kondisi pra-diabetes.

2. Kacang Kedelai

Kacang  kedelai juga termasuk salah satu jenis kacang sehat yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Kamu bisa menemukan kacang kedelai dengan sangat mudah, misalnya pada tempe, tahu, susu, bahkan dalam beberapa olahan camilan sehat. Adanya kandungan senyawa antioksidan isoflavon dalam kedelai  bisa membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Salah satu penelitian besar gabungan dari Tiongkok pun menemukan bahwa makan kedelai bisa membantu dalam menurunkan risiko kanker perut sebesar lima belas persen, terutama bagi para wanita. Selain itu penelitian lain juga menyebutkan bahwa mengonsumsi kacang kedelai bisa membantu menurunkan risiko terserang kanker payudara pada perempuan Asia.

3. Kacang Mete

Kacang mete mempunyai kandungan lemak sehat yang bermanfaat baik untuk kesehatan. Adanya kandungan senyawa antioksidan di dalamnya juga dapat membantu melindungi terhadap kerusakan radikal bebas. Selain itu kandungan tersebut juga bisa mengurangi risiko penyakit kronis.

Sementara dalam satu ons kacang mete terdapat berbagai kandungan seperti 155 kalori; 81,8 miligram magnesium; 5,2 gram protein; 9,2 gram karbohidrat; 0,9 gram serat makanan, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Kacang Kenari

Tahukah kamu kalau kacang kenari juga termasuk salah satu jenis kacang sehat yang bisa diandalkan sebagai camilan sehari-hari? Kacang kenari mempunyai kandungan tembaga, protein, dan magnesium di dalamnya. Selain itu kacang kenari juga mempunyai kandungan asam lemak omega-3 nabati yang mampu membantu memangkas peradangan serta mengurangi risiko penyakit.

Bahkan, dalam beberapa penelitian pada hewan juga ditemukan bahwa kacang kenari juga mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi otak.

Beberapa jenis kacang sehat ini memang cocok bila ingin dijadikan sebagai camilan sehari-hari. Meskipun demikian, sebaiknya kamu juga tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak