facebook

3 Kesalahan Diet yang Membahayakan Tubuh, Jangan Diteruskan

Adalika Putri
3 Kesalahan Diet yang Membahayakan Tubuh, Jangan Diteruskan
Ilustrasi Diet (freepik)

Memiliki tubuh yang langsing dan sehat adalah impian banyak wanita maupun pria di luar sana. Berbagai cara dilakukan demi mendapatkan tubuh idaman bak aktris Korea. Tidak jarang juga masyarakat melakukan segala hal demi mendapatkan bentuk tubuh ideal seperti yang telah diimpi-impikan.

Namun, sering tidak disadari, kerap kali kita melakukan berbagai kesalahan saat diet yang justru membahayakan dan berdampak negatif dalam jangka panjang. Merangkum dari situs Alodoc dan Hellosehat, berikut 3 kesalahan diet yang sebaiknya kamu hindari:

1. Tidak Mengonsumsi Karbohidrat

Seringkali orang memutuskan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat seperti nasi pada saat menjalani program diet, karena ingin mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Hal tersebut justru berbahaya karena tubuh kita akan kekurangan kadar karbohidrat harian.

Berdasarkan pedoman Angka Kecukupan Gizi dari Kemenkes RI, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi karbohidrat sekitar 300 – 400 gram per hari. Dampak dari kurangnya karbohidrat harian akan menyebabkan kadar gula darah menurun. Jika sedang mengurangi konsumsi nasi saat diet, kalian dapat mengonsumsi kentang rebus untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian.

2. Melewatkan Sarapan Pagi

Melewatkan sarapan pagi mungkin terkesan sepele. Namun, ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi proses diet yang sedang dijalani. Selain membuat kita menjadi cepat lapar, tubuh juga jadi kekurangan kadar gula darah. Menyadur dari situs Alodoc, studi dari Universitas Harvard mengatakan bahwa pria yang melewatkan sarapan memiliki risiko 27 persen lebih besar terkena serangan jantung atau penyakit jantung. Jangan takut berat badan akan naik hanya dengan sarapan. Cobalah mengonsumsi makanan rendah lemak seperti oatmeal, telur rebus atau roti gandum sebelum memulai hari.

3. Begadang

Begadang disebut kurang baik bagi yang sedang diet. Hal yang membuat begadang menjadi berbahaya adalah, saat tidur, tubuh akan menghasilkan hormon yang disebut melatonin. Mengutip dari situs Hello Sehat, fungsi dari hormon ini adalah mengatur ritme sirkadian yang juga akan meningkatkan kualitas tidur kita. Produksi hormon tersebut terjadi di malam hari dan begadang akan mengganggu prosesnya. Terlalu banyak begadang juga kerap menimbulkan rasa lapar dan mendorong kita untuk makan malam.

Nah, dari ketiga kesalahan diet yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, kamu termasuk yang mana nih? Alih-alih membantumu mewujudkan tubuh ideal, diet yang salah justru menimbulkan dampak yang berbahaya bagi kesehatan. Sebelum terlambat, yuk perbaiki pola diet guna mendapatkan hasil yang maksimal!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak