facebook

Nafsu Makan Turun, Atasi dengan 6 Cara Ini

Rosi be faro
Nafsu Makan Turun, Atasi dengan 6 Cara Ini
Ilustrasi malas makan (pexels)

Nafsu makan turun bisa terjadi kepada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi Anda jadi tidak selera makan. Salah satunya karena banyak beban pikiran atau stres serta bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Bagi Anda yang memiliki tubuh yang ideal, nafsu makan menurun tidak akan terlalu berpengaruh terhadap berat badan Anda. Namun jika Anda memiliki berat badan yang kurang dan ditambah lagi dengan nafsu makan menurun, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan, terutama berat badan Anda.

Sehingga bagi Anda yang tidak ingin nafsu makan menurun, sebaiknya Anda bisa mencoba cara-cara berikut yang merangkum dari hellosehat, enam cara menambah nafsu makan.

1. Makan dengan porsi kecil tapi sering

Nafsu makan bisa menjadi menurun jika Anda memaksakan makan dengan porsi besar dan rutin tiga kali sehari. Hal ini justru akan membuat perut Anda menjadi begah dan kurang selera makan. Lebih baik Anda makan dengan porsi kecil tapi sering. Saat Anda lapar makanlah dengan porsi kecil dan pilihlah menu yang sehat dan yang Anda sukai.

2. Makan pada jam yang sama

Saat Anda sudah terbiasa dan teratur dalam hal makan, maka hal itu akan menjadi kebiasaan meskipun nantinya nafsu makan Anda menurun. Sehingga buatlah jadwal makan setiap harinya agar menjadi kebiasaan.

3. Jadikan waktu makan sebagai waktu bersosialisasi

Saat nafsu makan Anda menurun, Anda bisa menyiasati dengan makan bersama teman atau pun pasangan. Hal ini bisa membuat Anda kembali berselera dengan adanya sosialisasi serta komunikasi.

4. Sediakan stok makanan favorit Anda

Anda akan lebih bersemangat makan jika makanan yang Anda makan merupakan makanan kesukaan. Anda bisa mengisi isi kulkas dengan sejumlah stok makanan favorit. Dan yang paling penting juga memiliki nilai gizi yang sehat dan seimbang.

5. Buat makanan jadi lebih menarik

Bosan dengan makanan yang itu-itu saja bisa membuat selera makan Anda menurun. Dan jika itu terjadi, Anda bisa membuat makanan lebih bervariasi dengan menambahkan beberapa potongan tomat maupun sayuran.

6. Jangan minum sebelum makan

Saat hendak makan, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak minum terutama sebelum makan. Hal tersebut bisa membuat selera makan Anda menjadi menurun karena perut Anda sudah terisi air. lebih baik minumlah setelah makan agar selera makan Anda tidak menurun.

Itulah enam cara menambah nafsu makan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak