facebook

4 Manfaat Kentang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bisa Lindungi Organ Jantung

Keza Felice
4 Manfaat Kentang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bisa Lindungi Organ Jantung
Ilustrasi kentang. (PIxabay)

Selain singkong dan nasi, kentang menjadi salah satu makanan pengganti karbohidrat yang sering kali digunakan. Kentang mudah ditemukan khususnya di pasar tradisional. Harga kentang per kilogram juga terbilang relatif murah. Bahkan, kentang dapat diolah menjadi berbagai makanan yang bercita rasa lezat. 

Tidak hanya tinggi akan kandungan karbohidrat, tapi kentang juga memiliki kandungan air, protein, kalori, lemak, kalsium, serat, zat besi, fosfor, tembaga, kalium, seng, vitamin B1, vitain B3, vitamin B2, dan vitamin C.

Kentang juga mempunyai komponen khusus yang hanya ada pada tumbuhan, seperti polifenol yang termasuk salah satu jenis antioksidan. Komponen tersebut terdapat pada kulit kentang. Sementara, manfaat kentang untuk kesehatan juga cukup beragam seperti yang dirangkum dari SehatQ dan Hellosehat berikut ini.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Kentang yang masih termasuk jenis tanaman umbi-umbian ini mempunyai nama latin Solanum tuberosum. Diketahui kentang mempunyai manfaat yang penting untuk menstabikan tekanan darah. Manfaat ini dikarenakan kentang merupakan salah satu sumber kalium yang baik. Bahkan jumlah kalium dalam kentang terbilang lebih banyak daripada buah pisang, yang mana kalium ini berguna untuk menurunkan tekanan darah.

Mineral tersebut bekerja dengan merangsang pembuluh darah hingga melebarkan ukurannya. Adanya kandungan magnesium dan kalsium pada kentang juga mempunyai peran penting dalam mengendalikan tekanan darah normal. 

2. Cocok untuk Diet yang Bebas Gluten

Bagi kamu yang mempunyai alergi terhadap gluten, kentang bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk pengganti nasi. Bukan hanya baik untuk orang yang menderita intoleransi gluten, seseorang yang mengalami penyakit celiac yang sensitif terhadap kandungan gluten pun dapat mengonsumsi kentang. 

Bahkan, bagi yang sedang menurunkan berat badan atau diet, kentang juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menggantikan nasi. Pasalnya, selain rendah kalori kentang juga bisa membuat kamu merasa lebih kenyang, sehingga akan mengurangi konsumsi makanan yang lainnya.

Kentang sendiri mempunyai protein yang dikenal dengan potato proteinase inhibitor (P12) yng dapat mengurangi nafsu mkan serta memicu produksi (CCK) cholecystokinin yang bisa menimbulkan rasa kenyang.

3. Tinggi Kolin

Diketahui kentang mempunyai kandungan zat kolin yang cukup banyak. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan, beberapa kegunaannya adalah membantu proses pembelajaran, pergerakan otot, memori, hingga mengatur suasana hati. Selain itu, kolin juga dapat berperan dalam perkembangan otak pada masa awal, penyerapan lemak, menjaga bentuk dari struktur sel, dan juga menyalurkan sinyal syaraf.

4. Melindungi Organ Jantung

Manfaat mengonsumsi kentang lainnya untuk kesehatan, adalah dapat melindungi organ jantung. Hal in dikarenakan kentang mempunyai kandungan vitamin C, serat, vitamin B6, dan potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, mengonsumsi kentang juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Dengan begitu risiko terserang penyakit jantung akan berkurang.

Itulah empat kentang bagi kesehatan yang jarang diketahui. Tetap nikmati kentang dengan cara yang benar, ya! Apabila kamu merasa ragu untuk mengonsumsi kentang pada saat tertentu, kamu bisa langsung berkonsultasi pada dokter. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak