facebook

5 Cara Menjemur Bayi yang Aman dan Benar

Rosi be faro
5 Cara Menjemur Bayi yang Aman dan Benar
Ilustrasi menjemur bayi (pexels)

Bayi yang baru lahir memang membutuhkan asupan gizi berupa ASI (Air Susu Ibu) ataupun susu formula untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Selain asupan ASI atau susu formula, bayi juga harus mendapatkan perawatan dari orangtua untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan si bayi tersebut agar selalu sehat. Ada banyak perawatan untuk bayi, yakni perawatan dalam hal memandikan si bayi, mengganti popok, dan perawatan lainnya. Dan tak kalah penting juga adalah menjemur bayi yang baru lahir.

Menjemur bayi di bawah sinar matahari ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan si kecil diantaranya akan mendapatkan vitamin D, menurunkan kadar bilirubin, serta menjaga kadar insulin. Namun orangtua juga harus perlu tahu kapan dan cara menjemur bayi agar aman dan benar. Serta orangtua tidak boleh asal-asalan dalam menjemur bayi, karena jika sembarangan akan mengakibatkan kulit bayi menjadi rusak. Merangkum dari Sehatq dan Okemom, berikut lima cara menjemur bayi secara aman dan benar.

1. Pilih waktu yang tepat

Waktu yang terbaik dan tepat untuk menjemur bayi adalah sebelum jam 10 pagi serta dianjurkan paling tidak antara jam 6 sampai jam 7 pagi. Pada waktu tersebut sinar matahari tidak terlalu panas dan dapat juga menghangatkan tubuh bayi. Untuk durasi waktunya, Anda bisa menjemur bayi antara kisaran 10-15 menit sampai kulit bayi mulai terasa hangat.

2. Hindari paparan sinar matahari langsung

Pada saat menjemur bayi sebaiknya hindari dari paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan kulit bayi masih cukup sensitif dan rawan terhadap kerusakan pada kulit. Selain itu, menghindari paparan sinar matahari langsung juga bermanfaat bagi mata si bayi agar tidak rusak.

3. Gunakan pelindung

Menggunakan pelindung saat menjemur bayi dapat meminimalisir paparan sinar matahari secara langsung. Anda bisa memberikan topi pada bayi serta penutup mata bayi untuk melindungi mata dan gunakanlah baju yang berbahan ringan untuk sang bayi.

4. Pilih lokasi yang tepat

Anda bisa menjemur sang bayi di halaman depan rumah atau balkon yang terkena dengan paparan sinar matahari. Selain tempat tersebut, Anda juga bisa menjemur bayi di jendela terbuka yang langsung mendapatkan sinar matahari.

5. Pakai sunscreen

Penggunaan sunscreen digunakan sebelum menjemur bayi dan boleh digunakan pada bayi yang sudah genap enam bulan ke atas, karena pada usia tersebut metabolisme kulit bayi sudah sempurna.

Itulah lima cara menjemur bayi yang aman dan benar. Bagi yang memiliki bayi dengan kulit yang sangat sensitif, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter atau bidan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak