facebook

Selain Rasanya yang Pedas, 6 Manfaat Paprika yang Jarang Diketahui Orang

Sahid Haqqi
Selain Rasanya yang Pedas, 6 Manfaat Paprika yang Jarang Diketahui Orang
buah paprika. (Pexels.com/ivan torees)

Paprika adalah buah khas yang bisa diolah berbagai makanan. Selain diolah menjadi makanan paprika ternyata mempunyai beragam manfaat yang luar biasa. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan vitamin yang tinggi yang berasal dari paprika itu sendiri.

Berdasarkan warnanya paprika mempunyai beragam jenis. Mulai dari paprika merah hingga paprika berwarna hijau. Meski demikian semua jenis paprika mempunyai beragam macam kandungan gizi yang tinggi bagi tubuh. Oleh karena itu, sekarang kita akan membahas manfaat - manfaat yang terkandung dari buah paprika.

Berikut 6 manfaat paprika yang jarang diketahui orang:

1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Kanker

Selain diolah berbagai makanan, buah paprika diketahui mengandung zat antioksidan dan vitamin C yang terkandung pada paprika bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Alasan inilah yang menyebabkan mengapa pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan, termasuk paprika, dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Walaupun diketahui bahwa paprika dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker. masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah efek konsumsi paprika dalam pencegahan berbagai penyakit kanker.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Selain dapat menurunkan risiko terkena kanker, buah paprika ternyata dapat menurunkan berat badan bagi pemakannya. Diketahui bahwa kandungan capsaicin pada paprika dianggap dapat membantu menurunkan berat badan bagi yang mengkonsumsinya. Hal ini dapat terjadi karena diketahui bahwa efek kandungan capsaicin yang dapat memicu tubuh untuk meningkatkan metabolisme, sehingga kalori yang terkandung dalam tubuh dan jaringan lemak di tubuh dapat dibakar lebih banyak.

Yang lebih menarik ternyata paprika juga banyak mengandung serat, sehingga Anda dapat merasakan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk makan berlebih atau sering ngemil menjadi berkurang.

3. Mencegah Terjadinya anemia

Buah paprika adalah buah yang kaya akan kandungan vitaminnya. Salah satu kekayaan buah paprika adalah pada vitamin C nya. Vitamin C pada paprika dapat merangsang tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak. Zat besi sendiri adalah salah satu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.

Jadi, buah paprika dapat mencegah terjadinya anemia dengan menjaga asupan zat besi sehingga tubuh bisa membuat sel darah merah yang cukup bagi tubuh kita.

4. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Antioksidan adalah suatu zat yang memiliki peranan penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas berlebih di tubuh. Buah paprika sendiri mengandung antioksidan yang tinggi.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam paprika bermanfaat mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah jantung, sehingga aliran darah bisa tetap lancar mengalir ke seluruh tubuh. Efek ini menjadikan paprika bermanfaat sebagai salah satu makanan yang baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

5. Menurunkan risiko alzheimer

Selain menjaga kesehatan pembuluh darah, paprika dapat mencegah alzheimer. Hal ini dapat terjadi karena vitamin E pada paprika. Vitamin E ternyata mengandung senyawa bernama tokotinerol. Penelitian menunjukkan bahwa fungsi antiinflamasi pada tokotrienol turut serta untuk  mencegah penyakit Alzheimer.

Vitamin E dapat berperan dalam memperlambat penurunan fungsi otak. Konsumsi vitamin E yang dibarengi dengan vitamin C juga dapat mengurangi risiko demensia. 

6. Mengurangi Risiko Katarak

Jika berbicara tentang kesehatan mata. Banyak gangguan mata yang disebabkan adanya ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh. Paprika sendiri mengandung vitamin E yang baik bagi tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin E dan A dalam tubuh, anda dapat menjaga kesehatan sel mata anda lebih baik.

Kandungan antioksidan ( lutein dan zeaxanthin) pada paprika mampu menjaga kesehatan sel mata lebih baik. Jadi, kandungan antioksidan pada paprika dapat mencegah kerusakan sel retina mata dan mengurangi risiko terjadinya katarak.

Demikian 6 manfaat paprika yang jarang diketahui orang.

Sumber:

Alo dokter (https://www.alodokter.com/ketahui-manfaat-paprika-untuk-kesehatan)

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak