facebook

4 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Keza Felice
4 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Ilustrasi jeruk purut. (Pixabay)

Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, jeruk purut masih menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut diperoleh dari berbagai kandungan nutrisi serta zat antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Jeruk yang mempunyai nama latin Citrus hystrix ini memiliki bentuk bulat, berwarna hijau tua, berukuran kecil, dan identik dengan kulitnya yang tebal dan kasar. Biasanya orang menyebut jeruk purut sebagai kaffir lime atau jeruk limau.

Dalam jeruk purut terdapat kandungan berbagai nutrisi seperti karbohidrat, kalsium, air, serat, fosfor, magnesium, vitamin C, kalium, dan kolin. Berdasarkan Alodokter dan Halodoc, berikut empat manfaat jeruk purut untuk kesehatan.

1. Mempunyai Kandungan Antioksidan

Jeruk purut mempunyai kandungan flavonoid dan juga vitamin C yang merupakan antioksidan. Kandungan ini dipercaya dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas. Selain itu kandungan antioksidan dalam jeruk purut juga dapat mencegah beberapa penyakit kronis.

2. Melindungi Pembuluh Darah dan Jantung

Penelitian menunjukkan jika adanya vitamin C yang terkandung di dalam jeruk limau dipercaya dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Sebagaimana diketahui bahwa tekanan darah tinggi dikenal sebagai salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, jeruk purut juga diyakini bisa membantu melindungi dari serangan penyakit stroke. Hal terebut diperoleh dari kandungan flavonoid serta kalium yang terdapat di dalamnya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Secara keseluruhan setiap orang membutuhkan sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh baik, maka kamu akan lebih cepat pulih dari penyakit. Sementara itu, jeruk purut diketahui mempunyai senyawa antioksidan alami dan juga bersifat antibakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karenanya, buah ini dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan tradisional di Asia dalam upaya pencegahan penyakit umum, seperti flu, pilek, dan penyakit pencernaan.

4. Mengurangi Peradangan

Bagi penderita radang sendi, rematik, edema, asam urat, ataupun kondisi peradangan lainnya, buah jeruk purut dapat diandalkan sebagai obat yang efektif. Cara menggunakannya ialah dengan mengaplikasikan jus, daun, atau justru ekstrak minyaknya secara topikal di area yang mengalami ketidaknyamanan ataupun rasa sakit. Cara lainnya yaitu dengan mengonsumsi buah serta minum jus jeruk purut agar mendapatkan manfaat yang sama.

Itulah empat manfaat jeruk purut bagi kesehatan yang masih jarang disadari. Meskipun sering digunakan sebagai obat tradisional, tetapi manfaat jeruk purut juga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Akan tetapi, tak ada salahnya bila kamu menambahkan buah jeruk puruk dalam pola makan sehari-hari mengingat banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam jeruk purut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak